The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peristiwa 31 Maret: Menara Eiffel Diresmikan hingga Pembajakan Pesawat Garuda di Bangkok
Menara Eiffel sebelum diresmikan. (Wikipedia).
Fakta Dan Mitos

Peristiwa 31 Maret: Menara Eiffel Diresmikan hingga Pembajakan Pesawat Garuda di Bangkok

Serta beberapa peristiwa penting lainnya.

Rabu, 31 Maret 2021 08:39 WIB 31 Maret 2021, 08:39 WIB

INDOZONE.ID - Berbagai peristiwa penting pernah terjadi di tanggal 31 Maret yang jatuh hari ini. Kali ini Indozone mencoba mengumpulkan empat contoh peristiwa sejarah yang kebetulan pernah terjadi pada tanggal tersebut.

Salah satu contohnya adalah Sir Isaac Newton meninggal dunia hingga menara Eiffel diresmikan. Berikut beberapa peristiwa bersejarah yang dilansir dari Wikipedia, Rabu (31/3/2021).

1. Sir Isaac Newton, bapak ilmu fisika modern meninggal dunia (1727).

Sir Issac Newton. (Wikipedia).
Sir Issac Newton. (Wikipedia).

Sir Isaac Newton FRS PRS adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiawan, dan teolog yang berasal dari Inggris. Dia merupakan pengikut aliran heliosentris dan ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah, bahkan dikatakan sebagai bapak ilmu fisika klasik.

Mendekati akhir hayatnya, Newton bertempat tinggal di Cranbury Park, dekat Winchester dengan kemenakan perempuan dan suaminya, sampai wafatnya pada tahun 1727. Newton wafat dalam tidurnya di London pada tanggal 31 Maret dan dikebumikan di Westminster Abbey. Kemenakannya Catherine Barton Conduitt, bertindak sebagai tuan rumah pada saat-saat urusan sosial di rumhnya di Jermyn Street di London. 

2. Menara Eiffel diresmikan di Paris (1889).

Menara Eiffel.
Menara Eiffel. (Wikipedia).

Menara Eiffel merupakan sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine, Paris. Menara ini telah menjadi ikon global Prancis dan salah satu struktur terkenal di dunia. Dinamai sesuai nama perancangnya, Gustave Eiffel, Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di Paris dan salah satu struktur terkenal di dunia. 

Menara ini diresmikan tanggal 31 Maret 1889, dan dibuka tanggal 6 Mei. Tiga ratus pekerja menggabungkan bersama 18.083 bagian besi benam (bentuk murni dari besi struktural), menggunakan dua setengah juta paku, dalam bentuk struktural oleh Maurice Koechlin. Resiko kecelakaan sangat besar, untuk pencakar langit modern yang tak biasa menara ini terbuka tanpa tingkat tengah kecuali dua platform. Tetapi, karena Eiffel mengambil sikap hati-hati, termasuk penggunaan takal bergerak, rel bantu dan layar, hanya satu orang yang meninggal.

Baca Juga: Kisah John Hinckley Jr, Penembak Presiden Reagen yang Motifnya Hanya Ingin Caper ke Idola

3. Drama pembebasan pembajakan pesawat Garuda DC-9 Woyla di Bandara Don Mueang Bangkok (1981).

 pesawat Garuda DC-9 Woyla
Pesawat Garuda DC-9 Woyla. (Wikipedia).

Peristiwa pembajakan Garuda Indonesia Penerbangan 206 atau juga dikenal dengan sebutan Peristiwa Woyla adalah sebuah penerbangan maskapai Garuda Indonesia dari pelabuhan udara sipil Talangbetutu, Palembang ke Bandara Polonia, Medan yang mengalami insiden pembajakan pesawat pada 28 Maret 1981 oleh lima orang teroris yang dipimpin Imran bin Muhammad Zein, dan mengidentifikasi diri sebagai anggota kelompok ekstremis "Komando Jihad".

Pembajak di kokpit memerintahkan pilot untuk terbang ke Kolombo, Sri Lanka, tetapi pilot berkata bahwa pesawat tersebut tidak memiliki cukup bahan bakar pesawat. Pesawat dialihkan ke Penang, Malaysia, untuk pengisian bahan bakar sebelum kemudian terbang lagi ke Thailand pada 31 Maret.

Untuk melawannya, dilaksanakan operasi kontra terorisme ini dilakukan oleh Grup-1 Para-Komando di bawah pimpinan Letnan Kolonel Infanteri Sintong Panjaitan yang kemudian beserta tim-nya dianugerahi Bintang Sakti dan dinaikkan pangkatnya satu tingkat, kecuali Achmad Kirang yang gugur di dalam operasi terebut dinaikkan pangkatnya dua tingkat secara anumerta.

4. Pakta Warsawa berakhir (1991).

Pakta Warsawa
Logo Pakta Warsawa. (Wikpedia).

Pakta Warsawa secara resmi dikenal sebagai Perjanjian Persahabatan, Kerja Sama, dan Bantuan Bersama adalah aliansi militer negara-negara Blok Timur di Eropa Timur, yang bertujuan mengorganisasikan diri terhadap kemungkinan ancaman dari aliansi NATO (yang dibentuk pada 1949). Pembentukan Pakta Warsawa dipicu oleh integrasi Jerman Barat ke dalam NATO melalui ratifikasi Perjanjian Paris. 

Pakta Warsawa dirancang oleh Nikita Khrushchev pada tahun 1955 dan ditanda tangani di Warsawa pada 14 Mei 1955. Pakta ini berakhir pada 31 Maret 1991, dan diakhiri secara resmi dalam sebuah pertemuan di Praha pada 1 Juli 1991.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
M Fadli
M Fadli

M Fadli

Writer
JOIN US
JOIN US