Protogenoi, Era Lahirnya Dewa-dewi Generasi Pertama
Ilustrasi dewa-dewi Yunani (boris-johnson.com)
Fakta Dan Mitos

Protogenoi, Era Lahirnya Dewa-dewi Generasi Pertama

Dalam Mitologi Yunani

Rabu, 22 Januari 2020 13:00 WIB 22 Januari 2020, 13:00 WIB

INDOZONE.ID - Sebuah kepercayaan mengenai lahirnya dewa dan dewi muncul di kalangan luas. Jauh sebelum bumi terbentuk dan belum ada kehidupan di alam semesta ini, hanya ada Khaos.

Dia dipercayai sebagai awal dari segala materi penciptaan dunia ini bersumber, merupakan sosok misterius pertama yang tidak memiliki wujud dan hanya menyerupai kegelapan.

Dikutip dari berbagi sumber, kemudian pada era yang sama lahirlah dewa-dewi abadi generasi pertama atau dikenal dengan sebutan Protogenoi. Mereka adalah Gaia sang Dewi Bumi, Eros yang melambangkan cinta, dan Tartaros sebagai representasi dari lokasi tergelap dan terdalam di dunia.

Selain itu, Khaos juga dengan sendirinya melahirkan Erebos, representasi dari kegelapan dimana kematian bersemayam, dan juga Niks, Dewi Malam. Setelah penciptaan mereka, lahirlah dewa-dewi berikutnya dari hubungan seksual antar mereka ataupun secara parthenogenesis (tanpa hubungan seksual).

Ilustrasi dewa-dewi Yunani (hubpages.com)
Ilustrasi dewa-dewi Yunani (hubpages.com)

Erebos dan Niks melakukan hubungan seksual pertama di alam semesta ini dan melahirkan Aither (atmosfer) dan Hemera (siang). Kemudian, secara parthenogenesis Niks melahirkan Moirai (takdir), Thanatos (maut), Moros (murka), Nemesis (pembalasan), Hipnos (tidur), dan Oneiroi (mimpi).

Sedangkan Gaia juga muncul secara parthenogenesis, menciptakan Uranus (langit), Pontos (laut), dan Urea (pegunungan). Kemudian Uranus menikahi ibunya sendiri, Gaia, dan menjadi pemimpin dunia pertama.

Dari hasil hubungan seksual mereka lahirlah tiga Hekatonkheire, tiga Kiklops, dan 12 Titan yang terdiri dari enam pasang pria dan perempuan.

Gaia juga pernah berhubungan dengan Pontos dan melahirkan tiga dewa laut, seorang dewi laut, dan seekor monster laut bernama Keto. Sedangkan dengan Tartaros, Gaia melahirkan Tifon yang nantinya menjadi leluhur dari para monster.

Era inilah yang dikenal sebagai era kekuasaan Protogenoi sebelum nantinya dunia dikuasai oleh para Titan setelah salah satu dari Titan tersebut membunuh Uranus, ayah mereka sendiri.


Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Desika Pemita
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU