Belajar dari Violet Jessop, Saksi Hidup Tenggelamnya Kapal Titanic
Violet Jessop. (Blitzlift)
Fakta Dan Mitos

Belajar dari Violet Jessop, Saksi Hidup Tenggelamnya Kapal Titanic

Pengabdian profesi.

Selasa, 07 April 2020 21:19 WIB 07 April 2020, 21:19 WIB

INDOZONE.ID - Violet Constance Jessop, seorang pelayan wanita di kapal-kapal pesiar mewah yang kisah hidupnya kemudian dikenal oleh banyak orang. Salah satu pengalaman menegangkan semasa hidupnya adalah saat ia berusia 24 tahun, ia menjadi saksi hidup dari peristiwa tenggelamnya kapal Titanic.

Violet memulai karirnya sebagai pramugari atau pelayan wanita di kapal pada tahun 1908 di kapal Royal Mail. Sebelum bergabung menjadi kru kapal di kapal legendaris Titanic pada tahun 1912, Violet sudah beberapa kali berpindah kapal tempat ia bekerja.

Ketika Titanic menabrak bongkahan es di laut Atlantik pada kejadian malam itu, Violet sedang tidur di kamarnya. Karena merasakan guncangan saat itu, ia pun langsung mengenakan seragam dan segera menuju deck kapal.

Pada proses evakuasi, Violet membantu para wanita dan anak-anak untuk menyelamatkan diri berpindah ke sekoci penyelamat. Hingga pada akhirnya, ia pun mendapat giliran naik sekoci setelah dititipkan seorang bayi oleh penumpang lain. Kemudian, Violet dan para korban selamat lainnya diselamatkan oleh kapal Carpathia keesokan paginya.

Belajar dari Violet Jessop, Saksi Hidup Tenggelamnya Kapal Titanic
Violet Jessop. (Refresher)

Setelah selamat dari peristiwa tenggelamnya kapal Titanic, Violet memutuskan untuk kembali bergabung menjadi kru kapal di tempat kerja lamanya yaitu kapal Olympic pada Juni 1912 hingga 1914. Setelah berhenti dari Olympic, ia ditugaskan untuk bekerja di kapal HMHS Britannic.

Namun, kapal Britannic yang Violet naiki tersebut tidak sengaja mengenai ranjau laut dan mulai sedikit demi sedikit tenggelam. Selama proses evakuasi dari kapal Britannic yang terus tenggelam, Violet sempat terluka di bagian kepala karena benturan keras.

Untungnya, tak seperti peristiwa Titanic yang menelan banyak nyawa, perbandingan angka kematian dari kejadian tenggelamnya Britannic terbilang cukup rendah. Diketahui jumlah korban meninggal sekitar 30 orang, sedangkan jumlah yang selamat lebih dari 1.000 orang.

Hebatnya lagi, meskipun sudah dua kali nyaris tewas karena peristiwa tenggelamnya kapal, Violet tetap mencintai dan mengabdi pada profesinya hingga tahun 1950, saat ia sudah berumur 63 tahun.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Utami Evi Riyani
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU