The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Terungkap, Ini Dia Fakta Misteri Lubang Raksasa yang Muncul Mendadak di Siberia
Lubang raksasa di Siberia (poccnr)
Fakta Dan Mitos

Terungkap, Ini Dia Fakta Misteri Lubang Raksasa yang Muncul Mendadak di Siberia

Sabtu, 20 Februari 2021 17:31 WIB 20 Februari 2021, 17:31 WIB

INDOZONE.ID - Lubang raksasa muncul di Semenanjung Yamal, Siberia, Rusia pada tahun lalu. Lubang tersebut diketahui terjadi akibat ledakan keras dari gas metana, dengan melemparkan es dan batu ratusan meter ke udara. 

Akibat dari ledakan tersebut meninggalkan lubang raksasa di tanah kosong nan menakutkan.

Lubang tersebut menjadi lubang ke-17 yang muncul di Semenanjung Yamal dan Gyda di Kutub Utara Rusia, sejak lubang pertama terlihat pada 2013.

Fenomena ini pun sempat membingungkan dan menjadi misteri para ilmuwan selama bertahun-tahun.

Kini, para ilmuwan mengatakan bahwa kemungkinan kawah tersebut berkaitan dengan perubahan iklim. Kamera drone, pemodelan 3D, dan kecerdasan buatan membantu mengungkap misteri tersebut.

Berdasarkan riset yang rilis di jurnal Geosciences, untuk mengungkap misteri lubang raksasa, peneliti menerbangkan drone jauh ke dalam kawah mencapai 10 hingga 15 meter di bawah tanah. Ini memungkinkan mereka untuk menangkap bentuk rongga bawah tanah tempat metana terbentuk.

Peneliti menyebut, bahwa ledakan terjadi ketika gas metana terbentuk di rongga es, menyebabkan gundukan muncul di permukaan tanah. Gundukan bertambah besar sebelum menghempaskan es dan batuan ke udara hingga meninggal kawah raksasa.

Beberapa ahli menyebut bahwa tanah di wilayah permafrost menyimpan karbon dua kali lebih banyak daripada atmosfer, menjadikan wilayah ini sangat penting dalam perang melawan perubahan iklim.

Kendati kawah-kawah ini muncul di wilayah jarang penduduk, namun ini bisa menimbulkan risiko bagi masyarakat adat dan infrastruktur minyak dan gas. Lubang biasanya ditemukan secara tidak sengaja selama penerbangan helikopter atau penggembala rusa kutub.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri Octapia Saragih
JOIN US
JOIN US