The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Per 2040, Gajah Afrika akan Punah Gegra Faktor-faktor Ini!
Gajah Afrika. (photo/Dok. Wikipedia)
Fakta Dan Mitos

Per 2040, Gajah Afrika akan Punah Gegra Faktor-faktor Ini!

Jumat, 22 Januari 2021 16:00 WIB 22 Januari 2021, 16:00 WIB

INDOZONE.ID - WWF atau lebih dikenal dengan sebutan World Wide Fund for Nature mengatakan bahwa kemungkinan gajah Afrika akan mengalami kepunahan pada tahun 2040 mendatang jika tidak dilakukan langkah penting untuk mencegah hal tersebut. 

Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan perburuan liar serta perdagangan ilegal yang dilakukan. Bahkan, gajah Afrika sendiri mengalami penurunan populasi hingga 70% sejak tahun 1980 an dikarenakan faktor tersebut. 

Meskipun, perburuan gajah Afrika sudah mulai berkurang pada akhir-akhir ini, akan tetapi permintaan terhadap gading gajah sangatlah tinggi sehingga dapat mengancam kehidupan dari gajah sendiri. Sampai sekarang, sudah terdapat sekitar 20 ribu gajah yang dibunuh setiap tahunnya demi mendapatkan daging serta gading dari gajah tersebut. 

Hilangnya gajah Afrika dapat memberikan efek mematikan pada sistem ekosistem lain. Sebagai contoh, gajah sendiri merupakan mesin pupuk raksasa yang dapat mendistribusikan nutrisi dalam jumlah yang besar. 

Bahkan, jejak kaki dari gajah Afrika sendiri dapat menciptakan lanskap serta mampu menyediakan rumah bagi banyak spesies seperti capung hingga kecebong. 

Akan tetapi, perubahan besar sudah dilakukan untuk melemahkan perdagangan dari gading gajah tersebut. Dimana, beberapa negara telah memperkenalkan larangan baru yang bertujuan untuk menolak perdagangan dari gading gajah. Hal tersebut dilakukan guna untuk mengurangi perburuan liar terhadap gajah serta meningkatkan populasi dari gajah Afrika tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US