The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta Gurita yang Ternyata Menyiksa dan Memakan Dirinya Sendiri setelah Kawin
Gurita. (Pexels/Pia)
Fakta Dan Mitos

Fakta Gurita yang Ternyata Menyiksa dan Memakan Dirinya Sendiri setelah Kawin

Selasa, 05 Juli 2022 16:48 WIB 05 Juli 2022, 16:48 WIB

INDOZONE.ID - Tak sedikit spesies hewan yang mati setelah mereka bereproduksi. Gurita termasuk salah satunya. Dikutip dari Live Science, saat telur induk gurita hampir menetas, ia akan berhenti makan.

Setelah itu, gurita akan meninggalkan kerumunan pelindungnya lalu berusaha menghancurkan diri sendiri. Gurita tersebut mungkin akan membenturkan dirinya ke batu, mencabik-cabik kulitnya sendiri bahkan memotong lengannya sendiri.

Hal tersebut selalu dilakukan oleh sebagian gurita setelah kawin. Lantas, mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Menurut para peneliti, setelah gurita bertelur, ia mengalami perubahan dalam produksi dan penggunaan kolestrol dalam tubuhnya, yang pada gilirannya meningkatkan produksi hormon steroid perubahan biokimia yang akan menghancurkannya.

"Sekarang kami memiliki jalur ini, kami benar-benar tertarik untuk menghubungkannya dengan perilaku individu atau bahkan perbedaan individu dalam cara hewan mengekspresikan perilaku ini," kata Z. yan Wang, asisten profesor psikologi dan biologi di University of Washington.

Manurut Wang, gurita adalah 'kanibal' dan jika gurita tua bertahan, mereka mungkin akan memakan semua anak satu sama lain.

Berdasarkan studi tahun 1977 oleh psikolog Brandeis University Jerome Wodinsky, mekanisme di balik penghancuran diri ini terletak pada kelenjar optik yang terletak di dekat mata gurita.

Baca juga: Ahli Sebut Otak Gurita Punya Kesamaan dengan Manusia

Jika saraf ke kelenjar optik dipotong, induk gurita akan meninggalkan telurnya, mulai makan lagi dan hidup selama empat hingga enam bulan lagi.

Wang juga menambahkan bahwa gurita sulit dipelajari di penangkaran karena mereka membutuhkan banyak ruang dan kondisi yang sempurna bagi mereka untuk tumbuh dewasa, serta berkembang biak secara seksual.

Tidak seperti kebanyak spesies gurita lainnya, gurita belang pasifik dapat kawin beberapa kali dan mengerami banyak telur. Mereka tidak merusak diri sendiri saat telur mereka siap untuk menetas.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Dina
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US