The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Misi Berawak Pertama Berhasil Susuri Dasar Laut Terdalam Dunia di Palung Atacama
Penjelajah Victor Vescovo (kanan), Pendiri Caladan Oceanic, didampingi oleh Dr Osvaldo Ulloa (kiri), Direktur Instituto Milenio de Oceanografia dalam perjalanan epik laut terdalam. (Foto/ caladan oceanic)
Fakta Dan Mitos

Misi Berawak Pertama Berhasil Susuri Dasar Laut Terdalam Dunia di Palung Atacama

Kamis, 27 Januari 2022 20:25 WIB 27 Januari 2022, 20:25 WIB

INDOZONE.ID - Misi berawak pertama di dunia berhasil menyelam ke dasar laut di Palung Atacama di wilayah terdalam Samudera Pasifik.

Awak tersebut mamupu mencapai dadar palung dengan kedalaman 26.465 kaki atau 8.066 meter di bawah permukaan laut.

Sebuah tim telah menjadi yang pertama mencapai dasar Palung Atacama di Pasifik Timur, menuruni ketinggian 8.066 meter di bawah permukaan laut.

Penjelajah Victor Vescovo, Pendiri Caladan Oceanic, bergabung dengan Dr Osvaldo Ulloa, Direktur Instituto Milenio de Oceanografia dalam perjalanan epik tersebut.

Mereka melakukan penyelaman pada 21 Januari, menjadi penyelaman berawak pertama yang pernah mencapai titik terdalam Palung Atacama, yang juga merupakan bagian terdalam dari Samudra Pasifik Tenggara yang berada di lepas pantai Chili dan Peru.

"Bisa menyelam sampai ke dasar laut selama 3 jam, secara pribadi menyelidiki hal-hal menarik dengan seseorang yang telah mempelajari daerah itu selama sebagian besar karir mereka, sungguh fantastis," kata Vescovo.

Misi eksplorasi itu bertujuan untuk memetakan dasar laut Palung. Di samping itu kru penyelem juga melakukan proyek penelitian untuk menempakan sensor di mana laut dalam yang baru.

Ngarai, juga dikenal sebagai Palung Peru-Chili, diciptakan oleh subduksi (gerakan ke samping dan ke bawah) dari lempeng samudera Nazca di bawah lempeng benua Amerika Selatan.

Jurang raksasa ini membentang sekitar 3.666 mil dan membentang di sepanjang sebagian besar sisi barat benua Amerika Selatan.

Ini bukan penyelaman ke dasar laut pertama bagi Vescovo, mantan komandan angkatan laut AS, telah menyelami dasar laut Emden Deep, Horizon Deep, Scholl Deep, dan titik terdalam di Bumi, Challenger Deep.

Victor Vescovo merupakan orang pertama yang mencapai dasar laut dari keempat palung terdalam di dunia, ketika dia mencapai dasar Palung Kermadec di Pasifik Selatan.

Penyelaman itu, seperti yang terjadi di dasar Palung Atacama, Vescovo, kru melakukan penyelaman menggunakan kapal selam dengan kapasitas dua orang.

Dasar laut terdalam di Palung Atacama. (Foto/Caladan Oceanic)
Dasar laut terdalam di Palung Atacama. (Foto/Caladan Oceanic)

Kapal selam tersebut dibangun oleh Triton Submarines yang berbasis di Florida.

Victor Vescovo mengatakan di Twitter tentang penyelaman Atacama: "Menyelesaikan penurunan manusia pertama ke dasar Palung Atacama dengan Dr. Osvaldo Ulloa dari Chili."

Katanya kehidupan di dasar laut Palung Atacama sunggung luar biasa.

"Sangat banyak holothurian, permukaan batu yang menunjukkan kemosintesis, dan sulur bakteri terbesar yang pernah saya lihat," ucapnya.

Holothurians umumnya dikenal sebagai teripang, yang tinggal di dasar laut yang kehidupannya tidak pernah mendapatkan cahaya matahari.

Bentuk dasar laut terdalam di Palung Atacama. (Foto/Caladan Oceanic)
Bentuk dasar laut terdalam di Palung Atacama. (Foto/Caladan Oceanic)

"Ini adalah hari yang luar biasa bagi ilmuwan Chili. Terima kasih kepada Victor Vescovo dan Caladan Oceanic, kami dapat secara langsung menyaksikan kekayaan geologis dan biologis yang menakjubkan dari Palung Atacama," kata Dr Ulloa.

"Melakukan eksplorasi di sisi Victor telah menjadi hak istimewa yang luar biasa dan pengalaman yang berharga, dan kami sangat berterima kasih padanya, serta seluruh tim dari Submersible Limiting Factor dan kapal pendukungnya Pressure Drop," tambahnya.

Menggapai Richards Deep, di dasar Palung Atacama, merupakan eksplorasi pertama di dunia sejumlah penyelaman yang direncanakan di Pasifik Timur untuk memetakan kedalaman laut.

Mereka berencana untuk melakukan survei melalui Palung Amerika Tengah di lepas pantai barat Meksiko, sebagai bagian dari eksplorasi yang lebih luas ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
JOIN US
JOIN US