The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bocah Berusia 6 Tahun Ini Berhasil Menemukan Gigi Hewan Purba!
Penemuan 'gigi naga'. (photo/Dok. Mary Gagnon)
Fakta Dan Mitos

Bocah Berusia 6 Tahun Ini Berhasil Menemukan Gigi Hewan Purba!

Rabu, 13 Oktober 2021 13:23 WIB 13 Oktober 2021, 13:23 WIB

INDOZONE.ID - Salah seorang bocah laki-laki berusia 6 tahun, Julian Gagnon dilaporkan telah menemukan fosil berupa gigi dari hewan purba, mastodon. Mengutip MLive, ibu Julian yaitu Mary Gagnon bercerita bahwa Julian ingin menemukan 'gigi naga'.

“Wow! Saya menemukan gigi naga,” ungkap Julian ketika berhasil menemukan 'gigi naga' di taman 333 N. Hill Circle.

Mendengar hal itu, Brian Gagnon yang merupakan ayah dari Julian bersikap skeptis dan menyarankan putranya untuk membuang kembali 'gigi naga' itu ke sungai. Hanya saja, Mary kemudian meyakinkan Brian dan Julian boleh membawa pulang penemuannya. 

Setelah dilakukan pemeriksaan, Mary dan Brian tercengang karena apa yang ditemukan putranya itu benar-benar tampak seperti gigi. Mereka kemudian mengirimkan penemuan mereka untuk diteliti lebih lanjut oleh ahli dari Museum Paleontologi Universitas Michigan. Melihat hal itu, Adam Rountrey, Manajer Koleksi Museum mengatakan bahwa Julian menjadi orang pertama yang berhasil menyentuh gigi itu dalam 12.000 tahun lamanya. 

“Temuan – temuan seperti ini sangat berharga untuk penelitian dalam jangka panjang mengenai kehidupan hewan,” ungkap Adam Rountrey kepada MLive.

Adam juga  mengatakan bahwa fosil mamut maupun mastodon yang relatif langka itu ditemukan di Michigan. Bersama dengan rekan paleontologi, fosil gigi itu pun diverifikasi keasliannya. Untuk menentukan keaslian, ada beberapa faktor yang dipertimbangkan. Salah satunya adalah ukurannya. 

“Bagian crown gigi kira–kira sebesar kepalan tangan saya, jadi mungkin ukurannya sebesar bola baseball atau softball,” jelas Adam Rountrey.

“Tidak terlalu banyak pilihan mengenai hewan apa saja yang mungkin berasal dari Michigan. Kami memiliki mamut dan mastodon di sini, tetapi gigi mamut sangat khas dan berbeda (dari apa yang ditemukan Julian),” katanya. 

Sebagai penghargaan, Julian sendiri akan bertemu dengan seorang ahli paleontologi untuk melakukan tur di balik layar Ann Arbor Research Museums Center.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US