The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ayun Gada, Olahraga yang Pernah Populer di India Sampai Diadopsi oleh Inggris
Ilustrasi olahraga ayun gada oleh mitologi India. (Wikipedia)
Fakta Dan Mitos

Ayun Gada, Olahraga yang Pernah Populer di India Sampai Diadopsi oleh Inggris

Kamis, 09 Desember 2021 13:15 WIB 09 Desember 2021, 13:15 WIB

INDOZONE.ID - Olahraga zaman dahulu memang dinilai cukup unik, salah satunya olahraga ayun gada. Gada adalah sebutan sebuah tongkat kayu yang berukuran besar dan sering digunakan untuk memukul musuh hingga tak sadarkan diri. Namun, bukan itu fungsi sesungguhnya, gada hanya digunakan sebagai alat untuk melakukan olahraga fisik.

Olahraga yang satu ini sempat populer zaman dahulu di kalangan masyarakat India. Hal tersebut lantaran ayun gada berkembang sebagai salah satu cerita mitologi Mahabrata.

Selain itu juga, olahraga ini mampu menjadi alat olahraga yang dapat melatih kekuatan dan kelincahan fisik para prajurit India.

Baca Juga: 5 Manfaat Jalan Kaki untuk Otak, Bisa Sembuhkan Depresi Hingga Kuatkan Ingatan

Saat Inggris menginjakkan kaki di India, olahraga ini pun semakin populer di kalangan masyarakat luas. Bahkan Inggris juga mengadopsi latihan ayun gada sebagai latihan bala tentaranya untuk melawan para musuh.

Tak heran, jika olahraga ayun gada ini sempat dilibatkan dalam Olimpiade pada tahun 1904 dan 1932 silam. Bentuk gada yang menyesupai pin bowling menjadi daya tarik setiap masyarakat untuk melakukan olahraga yang satu ini. Maka tak heran jika wanita juga melakukan olahraga ini untuk melatih kelenturan dan juga kekuaatan setiap orang yang melakukannya.

Namun, seiring berjalannya waktu, olahraga yang cukup seru ini memudar dan tak pernah tahu apa penyebabnya.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US