The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta Unik Turritopsis Nutricula, Ubur-ubur Laut yang Tak Bisa Mati Secara Biologis
Turritopsis Nutricula. (flickr.com)
Fakta Dan Mitos

Fakta Unik Turritopsis Nutricula, Ubur-ubur Laut yang Tak Bisa Mati Secara Biologis

Kamis, 29 April 2021 12:40 WIB 29 April 2021, 12:40 WIB

INDOZONE.ID - Seperti diketahui bahwasanya setiap makhluk hidup yang bernyawa pasti akan mati, tapi nyatanya ada, lho yang hidup abadi.

Adalah ubur-ubur laut spesies Turritopsis nutricula yang berasal dari lautan Karibia dengan ukuran tubuh mini hanya sekitar 4-5 milimeter.

Ubur-ubur laut ini hidup abadi lantaran dia terus-terusan meregenerasi sel tubuhnya sehingga secara biologis tidak bisa mati.

Berdasarkan penelitian, setelah tumbuh dewasa, hewan ini bisa kembali lagi ke larva, mengulang siklus biologisnya dan meregenerasi seluruh sel tubuhnya.

Proses regenerasi yang seperti ini disebut dengan transdiferensiasi.

Transdieferensiasi artinya adalah sel yang sudah mencapai tahap tertentu, bisa berubah menjadi sel lain yang lebih muda dan baru.

Dalam proses reproduksinya, sperma dan sel telur hewan ini akan membentuk polyp yang kemudian akan menghasilkan makhluk hidup baru dengan cara membelah diri.

Turritopsis nutricula yang masih muda biasanya memiliki beberapa tentakel saja. 

Namun, setelah dewasa dan matang, tentakelnya bisa mencapai 80-90 buah.

Setelah itu, mereka akan mengulang kembali siklus hidupnya ke tahap polyp, yaitu ke perubahan sel yang memungkinkan mereka untuk hidup selamanya.

Akan tetapi, meski secara biologis bisa hidup abadi, ubur-ubur ini bisa mati akibat faktor lain seperti kerusakan habitatnya atau karena dimangsa hewan lain.

Artikel Menarik Lainnya

Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US