The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Terlihat Lemah, 5 Hewan Laut Ini Bisa Berbahaya Jika Kamu Temukan di Tepi Pantai
Ikan Buntal. (Pexels)
Fakta Dan Mitos

Terlihat Lemah, 5 Hewan Laut Ini Bisa Berbahaya Jika Kamu Temukan di Tepi Pantai

Beracun..

Minggu, 13 Maret 2022 10:00 WIB 13 Maret 2022, 10:00 WIB

INDOZONE.ID - Saat disebutkan hewan laut, tentu kamu langsung berpikir akan bentuknya yang indah dan juga unik bukan? Tak salah memang, hal ini lantaran hewan laut memiliki berbagai corak dan keunikan yang tak dimiliki oleh hewan pada umumnya.

Meski terlihat lemah, tapi jangan salah jika hewan tersebut mampu melukai manusia lantaran memiliki racun. Mereka mungkin saja terdampar di pantai, tapi hati-hati ya awas kena racunnya.

Baca Juga: Disengat Kalajengking, Ratusan Warga Dirawat, Hal Ini Jadi Penyebab Utamanya

Berikut 5 hewan laut yang tampak lemah namun mampu mengeluarkan racun. Apa saja ya?

1. Ikan buntal

Hewan lemah yang berbahaya
Ikan Buntal. (Pexels)

Ikan buntal adalah salah satu jenis ikan yang unik karena bisa membuat tubuhnya menggembung seperti balon. Dengan keunikan tersebut, hewan ini dianggap lucu dan unik, terlebih saat mengembang menjadi balon.

Namun, jangan terkecoh untuk menyentuh tubuhnya sebab ia memiliki racun untuk melindungi tubuh dari serangan mangsa. Jika sampai tertusuk duri ikan buntal, kamu bisa mengalami kesulitan bernafas.

2. Lion Fish

Hewan lemah yang berbahaya
Lion Fish. (Pixabay)

Masih spesies ikan, Lion Fish memang terlihat memiliki tubuh yang lemah. Namun jangan salah, hewan ini bisa memiliki kekuatan yang kuat untuk melindungi diri dari serangan musuh. Sengatan dari siripnya mampu membuat musuh mengalami mual dan kesulitan bernapas.

3. Ubur-Ubur

Ubur-ubur juga menjadi hewan laut yang patut diwas-wasi sebab bagian tentakel ubur-ubur memiliki sengatan yang beracun dan berbahaya. Bahkan terdapat jenis ubur-ubur yang racunnya bisa menyebabkan masalah pernapasan.

4. Belut laut

Hewan lemah yang berbahaya
Belut laut. (Pixabay)

Belut laut ini biasa hidup di dalam lubang karang-karang di lautan. Walau sering bersembunyi di dalam karang, hewan ini juga bisa memberikan serangan yang berbahaya.

Jika kamu memasukkan jari ke dalam lubang karang, belut laut bisa sewaktu-waktu menyengat jari kamu. Sengatan itu tidak akan berdampak parah, karena hanya sebuah peringatan.

Tapi jika kamu kembali memasukan tangan ke lubang karang, hewan ini akan langsung mengigit. Gigitan belut laut bisa menyebabkan luka serius dan rentan mendapat infeksi bakteri dari dalam mulut hewan ini.

5. Siput Laut Bercorak

Berbeda dari jenis siput pada umumnya, siput laut bercorak adalah siput yang memiliki warna beragam dan sangat menarik untuk dilihat. Namun, tak selamanya yang cantik juga baik, siput laut ini memiliki serang seperti tombar sepanjang 25 mm yang kemudian akan dialiri racun.

Jika terkena racunnya ternyata bisa sangat berbahaya dan menyebabkan kematian. Wih mengerikan sekali ternyata!

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US