The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Studi Ini Ungkapkan Kompleksitas Pencemaran Mikroplastik!
llustrasi mikroplastik. (photo/Ilustrasi/Pexels/cottonbro)
Fakta Dan Mitos

Studi Ini Ungkapkan Kompleksitas Pencemaran Mikroplastik!

Kamis, 22 April 2021 14:07 WIB 22 April 2021, 14:07 WIB

INDOZONE.ID - Mikroplastik merupakan potongan plastik kecil yang panjangnya kurang dari 5 mm, terdapat dimana-mana di lingkungan, dan dapat berdampak signifikan pada satwa liar. Sebuah studi baru ungkapkan bahwa ada banyak dampak mikroplastik yang berbeda, dengan berbagai ukuran, bentuk, dan susunan kimiawi terhadap kelangsungan hidup, pertumbuhan, dan perkembangan larva ikan kecil, spesies mangsa penting di danau dan sungai di Amerika Utara. 

Studi ini dipublikasikan di Enviromental Toxicology and Chemistry. Dengan mendemonstrasikan bahwa mikroplastik merupakan pemicu stres fisik dan kimiawi, studi ini mendukung perlunya penelitian yang menganggap mikroplastik sebagai pemicu ganda dari kontaminan tunggal. Pentingnya, metode pengujian yang digunakan dalam banyak studi mikroplastik saat ini tidak cukup menyelidiki dimensi kimiawi dari pencemaran mikroplastik. 

"Koktail kimiawi yang terkait dengan mikroplastik di lingkungan terdiri dari aditif dari manufaktur dan kontaminan yang diserap dari lingkungan sekitarnya; namun dimensi ini sering hilang dari pengujian toksisitas, di mana mikroplastik murni yang dibeli dari produsen sering digunakan," kata koresponden terkait. penulis Kennedy Bucci , seorang kandidat PhD di Universitas Toronto.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa campuran kimiawi merupakan penggerak penting dari efek, dan menyarankan bahwa kerangka kerja baru untuk penilaian risiko yang menangkap multi-dimensi dari polusi mikroplastik mungkin diperlukan." lanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto
JOIN US
JOIN US