The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ilmuwan Berhasil Temukan Ikan Berkepala Transparan dan Mata Hijau!
Ikan Barreleye. (photo/Dok. MBARI)
Fakta Dan Mitos

Ilmuwan Berhasil Temukan Ikan Berkepala Transparan dan Mata Hijau!

Kamis, 16 Desember 2021 16:19 WIB 16 Desember 2021, 16:19 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini, ilmuwan dilaporkan berhasil menangkap gambar seekor ikan. Uniknya, kepala bulat dari ikan tersebut hadir tembus pandang dan mempunyai mata seperti bola hijau yang mengintip di dahinya. 

Ikan itu hidup ratusan meter di bawah permukaan Teluk Monterey di lepas pantai California, Amerika Serikat. Ikan itu pun disebut sebagai ikan barreleye (Macropinna microstoma)  yang sangatlah jarang terlihat. Peneliti di Monterey Bay Aquarium Research Institute atau MBARI mengatakan mereka hanya melihat spesies itu sebanyak 9 kali. 

Pekan lalu, tim ilmuwan pun mengerahkan ROV Ventana MBARI dan akhirnya melihat seekor ikan barreleye yang sedang berenang. Saat itu, ROV tengah berlayar pada kedalaman sekitar 650 meter di Monterey Submarine Canyon. Melihat hal itu, Thomas Knowles, salah seorang aquarist senior di Monterey Bay Aquarium memberi komentarnya. 

"Barreleye itu pertama kali muncul sangat kecil di kejauhan yang biru, tapi saya langsung tahu apa yang saya lihat. Itu tidak bisa disalahartikan sebagai hal lain," ungkapnya dalam satu pernyataan, mengutip Live Science. 

Dalam cahaya ROV, mata barreleye itu terlihat bersinar hijau terang dan dapat dengan mudah dilihat melalui perisai bening berisikan cairan yang menutupi kepala ikan itu. Mata ikan itu sangatlah peka terhadap cahaya dan dapat diarahkan lurus ke atas hingga lurus ke depan. 

Hanya saja, peneliti mengatakan tidak mengetahui berapa banyak ikan barreleye yang hidup di dalam lautan. Melihat hal itu, salah seorang ilmuwan senior MBARI yaitu Bruce Robison memberikan komentarnya. 

"Kami tidak memiliki pegangan pada ukuran populasi, kecuali dalam arti relatif," ungkapnya dalam sebuah pernyataan, melansir Live Science.

Gimana guys menurut kamu dengan penemuan ikan barreleye yang satu ini? Tulis pendapat kamu di kolom komentar ya guys!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto
JOIN US
JOIN US