The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peneliti Berhasil Temukan Magnetar Baru, Dinamai Swift J1555.2-5402!
Ilustrasi magnetar. (photo/Ilustrasi/Dok. Wikipedia)
Fakta Dan Mitos

Peneliti Berhasil Temukan Magnetar Baru, Dinamai Swift J1555.2-5402!

Jumat, 04 Juni 2021 15:03 WIB 04 Juni 2021, 15:03 WIB

INDOZONE.ID - Sebuah penemuan baru dapat segera meningkatkan juimlah dari magnetar yang dikonfirmasi menjadi 25. Pada 3 Juni lalu, ledakan sinar-X singkat di dekat pesawat galaksi menarik perhatian Swift Burst Alert Telescope. Pengamatan dan analisis lanjutan tampak mengonfirmasi bahwa itu dipancarkan oleh magnetar yang tidak diketahui sebelumnya, sekarang bernama Swift J1555.2-5402.

Mengingat betapa sedikit magnetar yang telah diidentifikasi dalam Bima Sakti, setiap penambahan baru miliki potensi untuk sangat meningkatkan pemahaman mengenai benda-benda misterius ini. Magnetar sendiri telah menjadi selebriti kosmik akhir-akhir ini. Mereka adalah jenis bintang neuron yang sangat langka, adalah inti runtuhan bintang yang dimulai dengan massa antara 8 dan 30 kali massa Matahari.

Magnetar adalah semua ini, dan banyak lagi. Seperti namanya, mereka mempunyai medan magnet yang sangat kuat, sekitar 1.000 kali lebih kuat daripada bintang neutron normal, dan 1 kuadriliun kali lebih kuat daripada Bumi. Bintang-bintang ini sulit dideteksi, membuatnya sulit untuk dipahami.

Hanya ada 24 magneter, yang dikonfirmasi hingga saat ini, dengan 6 kandidat lainnya di sayap. Ini berarti ada banyak hal yang tidak diketahui mengenai mereka, seperti bagaimana mereka tumbuhkan medan magnet yang begitu besar.

Penemuan baru dari Swift J1555.2-5402 ungkapkan kehadirannya pada magnetar 25 dengan semburan sinar-X. Pengamatan lanjutan kemudian dilakukan dengan memakai teleskop NICER bintang neuron NASA dan Teleskop Sinar-X Swift, keduanya adalah instrumen luar angkasa di orbit Bumi.

Analisis lengkap, tentu saja, masih menunggu, dan menantikan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai objek yang baru saja ditemukan ini. Jadi, ditunggu saja ya informasi selanjutnya guys. So, stay tune with us ya guys!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG