The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ternyata, Mengonsumsi 100 gram Kerupuk Setara dengan Dua  Setengah Porsi Nasi
Kerupuk. (photo/Dok. Wikipedia)
Fakta Dan Mitos

Ternyata, Mengonsumsi 100 gram Kerupuk Setara dengan Dua Setengah Porsi Nasi

Minggu, 24 Januari 2021 18:00 WIB 24 Januari 2021, 18:00 WIB

INDOZONE.ID - Kerupuk merupakan salah satu cemilan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Dimana, kerupuk sendiri dapat dijumpai dalam segala jenis makanan. Selain memiliki rasa yang renyah dan gurih. Kerupuk sering juga dijadikan sebagai makanan cemilan saat lapar. 

Akan tetapi dengan mengonsumsi 100 gram dari kerupuk setara dengan dua setengah porsi nasi. Hal tersebut dikarenakan kerupuk bulat memiliki berat sekitar 15 gram. Jika dikonversikan makan kerupuk tersebut mengandung 71,4 kalori, 0.015 protein, 3,3 gram lemak serta 10,6 karbohidrat.

Namun, ada terdapat sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health dalam sebuah kelompok besar yang terdiri dari 37.000 responden yang berasal dari pria dan wanita.

Dari penelitian yang dilakukan, akan didapatkan bahwa orang yang memiliki gen obesitas mengalami resiko kegemukan saat mengonsumsi gorengan dalam jumlah yang banyak. Hal ini dapat terjadi dikarenakan minyak goreng yang dikonsumi dapat meningkatkan jumlah dari kalori, lemak jenuh serta lemak trans. 

Dari hasil penelitian di atas, dapat kita simpulkan bahwa gorengan dapat membawa dampak buruk bagi tubuh pengonsumsinya, yaitu terjadinya obesitas. 

Mengonsumsi kerupuk boleh saja jika dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit. Bahkan jika dibandingkan antara kerupuk dan nasi, tentu akan didapatkan jumlah kalori yang sama, Dimana, dengan mengonsumsi 6 buah kerupuk dengan berat 100 gram dapat disetarakan dengan dua setengah porsi nasi putih.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US