The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

3 Mitos Kanker Lambung Ini Tidak Perlu Kamu Percayai
Ilustrasi kanker lambung (cusabio.com)
Fakta Dan Mitos

3 Mitos Kanker Lambung Ini Tidak Perlu Kamu Percayai

Minggu, 10 Januari 2021 09:17 WIB 10 Januari 2021, 09:17 WIB

INDOZONE.ID - Kanker adalah penyakit yang sangat berbahaya dan penyakit ini terdiri dari berbagai jenis, salah satunya kanker lambung.

Kanker lambung tidak bisa kamu sepelekan, karena ini merupakan jenis kanker ke lima yang banyak diidap orang di seluruh dunia, berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia pada tahun 2017.

Tapi, masih banyak informasi yang salah mengenai kanker lambung di masyarakat pada umumnya. Nah, supaya tidak salah informasi.

Berikut ini beberapa fakta dan mitos mengenai kanker lambung yang harus kamu ketahui. Yuk simak di bawah ini, seperti yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Mitos pertama: Kita tidak bisa hidup tanpa lambung

Penderita kanker lambung, pemotongan organ pasti dilakukan untuk mencegah penyebaran sel kanker. Tapi sayangnya banyak orang yang merasa takut karena lambung yang tidak sempurna membuat mereka mati. Padahal itu hanya mitos, jadi tak perlu percaya dengan informasi tersebut.

2. Mitos kedua: Kanker lambung tidak bisa disembuhkan

Banyak yang mengatakan bahwa kanker lambung tidak bisa disembuhkan, padahal kanker ini bisa disembuhkan. Meski hidup ditentukan oleh tingkat keganasan sel kanker itu sendiri.

Berdasarkan data Canadian Cancer Society, perpanjangan usia untuk lima tahun mendatang bagi pasien kanker lambung stadium nol adalah 77-90 persen. Sedangkan stadium satu 52-85 persen, stadium dua 20-35 persen, stadium tiga 12-17 persen dan stadium empat 2-5 persen.

3. Mitos ketiga: Kanker lambung tidak bisa diturunkan

Kasus kanker lambung yang diturunkan lewat gen orang tua ke anak sangat jarang ditemukan. Tapi bagi pasien kanker lambung herediter, kemungkinan penyakit serupa bisa dialami anak. Bahkan, kemungkinannya 70 hingga 80 persen. Kondisi ini disebabkan oleh mutasi (cacat) pada gen CDH1.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US