The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peristiwa 7 April: HUT Berdirinya WHO dan Pembajakan Federal Express untuk Bunuh Diri
Federal Express. (Wikipedia).
Fakta Dan Mitos

Peristiwa 7 April: HUT Berdirinya WHO dan Pembajakan Federal Express untuk Bunuh Diri

Dan beberapa peristiwa lainnya.

Rabu, 07 April 2021 10:15 WIB 07 April 2021, 10:15 WIB

INDOZONE.ID - Berbagai peristiwa penting pernah terjadi di tanggal 7 April yang jatuh hari ini. Kali ini Indozone mencoba mengumpulkan empat contoh peristiwa sejarah yang kebetulan pernah terjadi pada tanggal tersebut.

Salah satu contohnya adalah peristiwa berdirinya WHO, terbitnya manga Astro Boy, dan pembajakan pesawat Federal Express Flight 705. Berikut beberapa peristiwa bersejarah yang dilansir dari Wikipedia, Rabu (7/4/2021).

1. World Health Organization (WHO) didirikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (1948).

Logo WHO.
Logo WHO. (Wikipedia).

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO adalah salah satu badan PBB yang bertindak sebagai koordinator kesehatan umum internasional dan bermarkas di Jenewa, Swiss. WHO didirikan oleh PBB pada 7 April 1948. Konstitusi WHO menyatakan bahwa tujuan didirikannya WHO "adalah agar semua orang mencapai tingkat kesehatan tertinggi yang paling memungkinkan". Tugas utama WHO yaitu membasmi penyakit, khususnya penyakit menular yang sudah menyebar luas.

Direktur Jenderal sekarang adalah Tedros Adhanom (menjabat mulai 1 Juli 2017). WHO mewarisi banyak mandat dan persediaan dari organisasi sebelumnya, Organisasi Kesehatan, yang merupakan agensi dari LBB.

Baca Juga: Quebec, Satunya-satunya Wilayah di Kanada yang Bahasa Resminya Bukan Inggris Tapi Prancis

2. Manga Astro Boy pertama kali dipublikasikan di majalah Sh?nen (1952).

Astro Boy.
Astro Boy. (Wikipedia).

Astro Boy adalah seri manga karya Ozamu Tezuka di Weekly Shonen Magazine pada tahun 1952, tepatnya 7 April 1952 hingga 1968, sedangkan anime-nya diputar pada tahun 1963-1966. Di Indonesia, manga-nya pernah diterbitkan dengan judul Atom Boy.

Serial Astro Boy adalah serial futuristik tentang Astro Boy yang hidup berdampingan dengan manusia yakni Doctor Tenma, kepala bidang pengetahuan membuat robot berbentuk manusia kecil bernama Astro yang memiliki sifat rendah hati dan suka menolong walau banyak yang membencinya karena keberadaan robot. Doctor Tenma sengaja membuat Astro Boy mirip anaknya untuk mengenang kembali anaknya bernama Tobio yang telah meninggal dunia karena kecelakaan mobil.

3. Auburn Calloway membajak Federal Express Flight 705 untuk Bunuh Diri Demi Polis Asuransi (1994).

Federal Express.
Federal Express. (Wikipedia).

Pada tanggal 7 April 1994, Federal Express Flight 705, sebuah jet kargo McDonnell Douglas DC-10-30 yang membawa peralatan elektronik melintasi Amerika Serikat dari Memphis, Tennessee ke San Jose, California, dibajak oleh Auburn R. Calloway, yang mencoba bunuh diri demi mendapatkan polis asuransi untuk keluarganya.

Dia naik ke penerbangan terjadwal sebagai penumpang mati membawa tas gitar yang menyembunyikan beberapa palu dan speargun. Dia bermaksud untuk mematikan perekam suara kokpit pesawat sebelum lepas landas dan, setelah mengudara, membunuh awak dengan palu sehingga luka mereka akan tampak konsisten dengan kecelakaan daripada pembajakan. Namun, CVR telah dinyalakan kembali oleh teknisi penerbangan, percaya bahwa dia telah lalai untuk menyalakannya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US