The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Studi Temukan Respons Pemain Melambat Jika Ada Bagian Jersey yang Dikenakan Sama!
Permainan sepak bola. (photo/Ilustrasi/Pexels/Alexander Nadrilyanski)
Fakta Dan Mitos

Studi Temukan Respons Pemain Melambat Jika Ada Bagian Jersey yang Dikenakan Sama!

Kamis, 24 Juni 2021 15:00 WIB 24 Juni 2021, 15:00 WIB

INDOZONE.ID - Temuan studi baru menunjukkan bahwa waktu respons pemain sepak bola melambat ketika bagian dari kit yang dikenakan oleh kedua tim mempunyai warna yang sama. Temuan ini dipublikasikan di junral Perception. Penelitian dari Universitas of York ini mengungkapkan bahwa ketika pemain punya bentrokan warna ki apa pun, baik kemeja dan celana pendek, mereka butuh waktu dua kali lebih lama untuk menemukan sesama pemain di lapangan. 

Peneliti menggunakan 2 percobaan untuk menyelidiki bagaimana variasi kit mempengaruhi pencarian visual untuk rekan satu tim. Eksperimen pertama mereka mengonfirmasi bahwa kemampuan seorang pemain untuk membedakan lebih lambat ketika bermain di kit silang. 

Eksperimen kedua menemukan bahwa terdapat kebingungan yang signfiikan ketika kedua tim menggunakan celana pendek berwarna sama dan bahwa terdapat waktu respons yang lebih cepat terjadi untuk kedua tim saat tidak ada tumpang tindih dalam warna celana pendek. 

"Kami menemukan bahwa misalnya satu tim mengenakan atasan putih dan celana pendek merah dan yang lainnya mengenakan atasan merah dan celana pendek putih, waktu pencarian untuk sesama pemain tim terpengaruh." ungkap penulis utama studi ini yaitu Liam Burnell. 

"Dengan kondisi silang juga mengganggu kemampuan untuk membedakan dua tim dengan cepat dan akurat, aturan yang mencegah hal ini terjadi mungkin bermanfaat dalam mencegah operan yang salah tempat, dan keputusan wasit yang salah." jelasnya. 

"Ini bisa berimplikasi pada hukum permainan, dengan pedoman saat ini hanya mendorong perubahan dalam kit ketika wasit percaya kit membuat tim tidak bisa dibedakan. Saat ini tidak ada persyaratan bagi tim untuk mengenakan warna celana pendek yang berbeda, dan pedoman tetap cukup kabur tentang apa yang merupakan bentrokan kit." lanjutnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto
JOIN US
JOIN US