The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kisah Narcissus, Pria yang Jatuh Cinta sama Bayangan  Sendiri, Awal Mula Istilah 'Narsis'?
Narcissus, pemuda yang jatuh cinta dengan bayangan sendiri. (Foto/worldhistory.org)
Fakta Dan Mitos

Kisah Narcissus, Pria yang Jatuh Cinta sama Bayangan Sendiri, Awal Mula Istilah 'Narsis'?

Selasa, 30 November 2021 11:59 WIB 30 November 2021, 11:59 WIB

INDOZONE.ID - Membahas soal mitologi, di Yunani terdapat salah satu cerita yang menarik untuk diulik. Mitologi itu bernama Narcissus. Narcissus adalah sosok pria yang digambarkan sebagai sosok yang sangat tampan.

Karena ketampanannya itu, Narcissus sampai jatuh cinta pada bayangannya sendiri yang terpantul di genangan air.

Dikutip dari World History, Selasa (30/11), Narcissus dilahirkan oleh seorang wanita bernama Nimfa Liriope. Ayahnya sendiri bernama Cephissus. Narcissus lahir di Thespiae di Boeotia.

Suatu ketika, peramal bernama Teiresias memberitahu kepada sang ibu kalau anaknya akan berumur panjang saat ia telah menemukan pendamping hidup.

Namun sampai remaja, ia tak pernah menemukan seseorang yang bisa memikat hatinya. Ia bahkan banyak membuat para wanita menjadi patah hati hingga depresi.

Suatu masa, Narcissus secara tak sengaja melihat bayangannya sendiri di genangan air. Tapi, ia malah kepincut dan menemukan cinta pada dirinya sendiri.

Keanehan itu begitu saja terjadi. Saking cintanya dengan bayangan sendiri, Narcissus sampai tak ingin beranjak dari kolam untuk melihat bayangan sendiri.

Hingga akhirnya, Narcissus ditemukan tak bernyawa karena kehausan serta kelaparan.

Nama Narcissus diibaratkan sebagai sinonim bagi mereka yang terobsesi dengan penampilan sendiri. Dari situlah mungkin istilah 'narsis' muncul di zaman sekarang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Silvia Marissa
Zega

Zega

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US