The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bukan Mitos, Duduk di Atas Bantal Rupanya Memang Bisa Timbulkan Bisul!
Ilustrasi duduk di atas bantal. (freepik)
Fakta Dan Mitos

Bukan Mitos, Duduk di Atas Bantal Rupanya Memang Bisa Timbulkan Bisul!

Ini faktanya!

Sabtu, 22 Januari 2022 09:59 WIB 22 Januari 2022, 09:59 WIB

INDOZONE.ID - Bagi masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di daerah Jawa menganggap bahwa bantal adalah benda yang cukup sakral. Selain digunakan untuk tidur, bantal juga diletakkan di sofa sebagai pernak-pernik agar menambah kesan estetik.

Namun meski diletakkan di sofa, ternyata bantal dipercaya tidak boleh dijadikan alas duduk. Banyak mitos yang menyebut jika bantal mampu menyebabkan bisulan. Benarkah?

Dikutip dari Healthline, sejauh ini medis belum menemukan hubungan antara kedua hal tersebut. Namun, secara medis duduk di atas bantal menyebabkan berbagai infeksi jika sarungnya tidak diganti dalam waktu yang cukup lama.

Pasalnya bantal yang digunakan sebagai alas kepala saat tidur bisa mengandung bakteri dan kuman dari kulit kepala. Dr. Arthur Tucker, seorang ahli kesehatan dari Barts dan London NHS Trust mengatakan jika bantal menjadi tempat yang paling ideal bagi kuman, bakteri, kutu debu dan kotoran lainnya.

Baca Juga: Mitos Menyapu Rumah pada Malam Hari, Benarkah Bikin Rezeki Kita Seret?

Bantal juga menjadi sarang minyak, kulit mati manusia dan lain sebagainya. Sehingga permukaan bantal adalah tempat yang sangat kotor untuk kulit dan tak kasat mata. Hal ini tak jarang mampu menyebabkan infeksi, salah satunya bisul.  

Bisul sendiri terjadi lantaran adanya penumpukan bakteri jahat pada lapisan kulit yang ingin menembus pembulu darah. Karena sel darah melakukan proteksi kepada tubuh, sehingga menyebabkan luka di permukaan kulit yang menyebabkan timbulnya bisul.

Tak hanya bisul, jerawat juga bisa timbul karena adanya kebiasaan untuk malas mengganti sarung bantal, baik bantal tidur maupun bantal sofa. Sehingga perlu diperhatikan kebersihan bantal yang kita gunakan agar tidak memicu munculnya bisul dan juga infeksi kulit lainnya.

Selain itu, selalu bedakan mana bantal yang digunakan untuk tidur dan juga bantal yang kerap digunakan untuk duduk di sofa.

TAG
Fahrizal Daulay
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US