The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peristiwa 16 Januari: Adolf Hitler Mengungsi ke Bunker Sebelum Kalah di Perang Dunia II
Bungker bawah tanah Führerbunker (Wikipedia) milik Adolf Hitler. (Insert: Wikipedia).
Fakta Dan Mitos

Peristiwa 16 Januari: Adolf Hitler Mengungsi ke Bunker Sebelum Kalah di Perang Dunia II

Dan deretan peristiwa lainnya.

Sabtu, 16 Januari 2021 10:06 WIB 16 Januari 2021, 10:06 WIB

INDOZONE.ID - Ada beberapa peristiwa penting yang pernah terjadi di tanggal 16 Januari yang jatuh hari iniIndozone mencoba mengumpulkan empat contoh peristiwa sejarah yang kebetulan pernah terjadi pada tanggal tersebut.

Salah satu contohnya adalah pecahnya peristiwa peristiwa menjelaha kekalahan Adolf Hitler saat perang dunia kedua sampai pengangkatan presiden wanita Afrika pertama. Berikut beberapa peristiwa bersejarah yang dilansir dari Wikipedia, Sabtu (16/1/2021). 

16 Januari 1945 - Hampir kalah di PD II, Adolf Hitler ngungsi ke dalam Führerbunker

Adolf Hitler. (
Adolf Hitler. (Wikipedia).

Führerbunker adalah sebuah tempat berlindung dari serangan udara yang terletak di dekat Kanseleri Reich di Berlin, Jerman. Tempat tersebut merupakan bagian dari kompleks bunker subterania yang dibangun dalam dua fase yang diselesaikan pada 1936 dan 1944. Tempat tersebut merupakan Markas Besar Führer (Führerhauptquartiere) terakhir yang digunakan oleh Adolf Hitler, saat Perang Dunia Kedua.

Hitler tinggal di Führerbunker pada 16 Januari 1945 dan tempat tersebut menjadi pusat rezim Nazi sampai minggu terakhir Perang Dunia II di Eropa. Hitler menikah dengan Eva Braun disana pada minggu terakhir April 1945, tak lama sebelum mereka melakukan bunuh diri.

16 Januari 1969 - Mahasiswa Ceko Jan Palach bakar dalam Aksi Protes kepada Uni Soviet

Monumen Jon Palach.
Monumen Jon Palach. (Wikipedia)

Jan Palach adalah seorang mahasiswa Cekoslowakia meninggal setelah membakar dirinya sebagai protes atas invasi tentara Uni Soviet dan Pakta Warsawa di negaranya menghentikan gerakan reformasi "Musim Semi Praha".

Palach meninggal dunia empat hari setelah melakukan aksi membakar dirinya tersebut.

Baca Juga: Peristiwa Penting 15 Januari: Pecahnya Peristiwa Malari dan Ulang Tahun Wikipedia

16 Januari 2003 - Pesawat ulang-alik Columbia lepas landas untuk misi terakhir STS-107 

Pesawat Ulang alik Columbia.
Pesawat Ulang alik Columbia. (Wikipedia).

STS-107 adalah misi penerbangan ke-113 pada program pesawat ulang-alik dan penerbangan ke-28 sekaligus terakhir bagi Pesawat Ulang-Alik Columbia. Misi tersebut diluncurkan dari Kennedy Space Center, Florida pada 16 Januari 2003 dan melakukan berbagai eksperimen sains di orbit selama 15 hari, 22 jam, 20 menit, 32 detik.

Namun Columbia meledak 16 hari kemudian pada saat akan memasuki atmosfer bumi pada 1 Februari. Kecelakaan tersebut  menewaskan seluruh awak dan menghancurkan Columbia.

16 Januari 2006 - Ellen Johnson Sirleaf menjadi presiden wanita Afrika pertama untuk Liberia 

Presiden Liberia wanita Ellen Johnson Sirleaf.
Presiden Liberia wanita Ellen Johnson Sirleaf. (Wikipedia).

Ellen Johnson Sirleaf adalah Presiden Liberia ke-24 yang menjabat dari 2006 hingga 2018. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Menteri Keuangan di bawah Presiden William Tolbert dari tahun 1979 sampai kudeta tahun 1980. Kemudian, ia meninggalkan Liberia dan memegang posisi senior di berbagai lembaga keuangan. 

Dia meraih posisi kedua pada pemilu presiden 1997. Kemudian, ia terpilih sebagai Presiden pada pemilu presiden 2005 dan menjabat presiden pada tanggal 16 Januari 2006. Sirleaf adalah perempuan pertama yang hingga saat ini menjabat kepala negara/presiden di Afrika.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
M Fadli

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US