The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cemas Ketika Scrolling Instagram? Kamu Mengalami Instagramxiety
Ilustrasi ketika menscrolling Instagram. (photo/Ilustrasi/Pexels/Kerde Severin)
Fakta Dan Mitos

Cemas Ketika Scrolling Instagram? Kamu Mengalami Instagramxiety

Simak penjelasannya!

Rabu, 13 Januari 2021 14:22 WIB 13 Januari 2021, 14:22 WIB

INDOZONE.ID - Pernahkah kamu merasakan adanya gelombang kecemasan ketika menscrolling feed ataupun explore di Instagram? Jika iya, maka anda mengalami Instagramxiety. Instagramxiety sendiri merupakan kondisi nyata yang membuat seseorang merasa kelelahan, stress, iri, sedih, dan mebencinya diri sendiri, usai melihat unggahan orang lain di Instagram.

Bahkan, foto-foto menarik dari para selebritis, blogger, influencer, keluarga, hingga teman dan sahabat kamu bisa mengarahkan kita pada rasa rendah diri. Sulit untuk tidak membandingkan kehidupan diri sendiri & orang lain melalui unggahan yang mereka bagi. 

Dimana, satu foto saja cukup untuk membuat suasana hati menjadi buruk. Hal ini pun diungkapkan oleh seorang jurnalis, editor, dan pengarang buku yaitu Jenny Stallard.

“Kedengarannya sulit untuk mengalihkan diri dari Instagram. Namun, ini serius, Instagram bisa memengaruhi suasana hati saya setiap hari,” ungkap Jenny Stallard.

“Satu foto saja cukup untuk mengubah wajah tersenyum saya menjadi cemberut,” lanjutnya. 

“Bukan berarti harus melarikan diri dari Instagram, tapi cukup dengan lebih selektif memilih akun yang akan terlihat di linimasa kita. Saya biasanya berhenti mengikuti akun yang membuat diri sendiri merasa buruk,” saran Jenny.

“Jika ingin, saya bisa follow lagi. Namun, saya rasa, hidup akan lebih mudah jika tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan unggahan orang lain. Lebih bagus juga untuk kesehatan mental,” katanya. 

Di sisi lain, seorang juru bicara Mental Health Foundation, Cal Strode memberikan komentarnya.

“Terlalu sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain bisa meningkatkan kecemasan. Sebelumnya, kita hanya bisa melihat kehidupan beberapa orang. Namun, dengan adanya Instagram, kita bisa mengetahui hidup ratusan pengguna.” ungkap Cal Strode.

“Yang kita tahu, penerimaan diri sangat krusial bagi kesejahteraan mental. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya membuat kita merasa ‘tidak cukup’,” katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US