The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Air Mineral dalam Kemasan Bisa Kedaluwarsa? Ini Penjelasannya
Ilustrasi air kemasan. (Thedailymeal)
Fakta Dan Mitos

Air Mineral dalam Kemasan Bisa Kedaluwarsa? Ini Penjelasannya

Biar gak salah informasi.

Rabu, 04 November 2020 23:52 WIB 04 November 2020, 23:52 WIB

INDOZONE.ID - Kamu mungkin pernah menyadari pada kemasan air mineral yang kamu konsumsi, terdapat tanggal yang mirip dengan tanggal kedaluwarsa. Padahal, air mineral seharusnya tidak bisa mengalami kedaluwarsa atau tidak akan basi. Jadi, apa sebenarnya makna dari tanggal tersebut?

Jika kamu memperhatikan lebih detail, kamu akan menemukan kode tulisan bb atau best before sebelum tulisan tanggal. Berbeda dengan tanggal kedaluwarsa, best before adalah keterangan yang menunjukkan kalau kondisi produk masih dalam keadaan baik sebelum tanggal tersebut.

Setelah melewati tanggal best before, kualitas air mineral akan semakin menurun. Meski demikian, air mineral tersebut masih tetap boleh kamu konsumsi. Namun, jika rasa air mineral telah berubah menjadi sedikit pahit, kamu sebaiknya tak lagi meminum air tersebut.

Rasa pahit pada air mineral disebabkan oleh terurainya kemasan. Kemasan air mineral terbuat dari senyawa polimer yang dapat terurai dan bercampur pada air mineral secara perlahan-lahan. Jika kemasan air mineral disimpan di bawah sinar matahari, maka senyawa polimer tersebut akan semakin cepat tercampur dengan air mineral.

Oleh sebab itu, meski air mineral belum melewati tanggal best before, terkadang air mineral tetap terasa pahit ketika terjemur di bawah sinar matahari. Kemasan air mineral juga sebaiknya tidak diisi ulang karena bisa berbahaya bagi tubuh. Sebab, senyawa polimer yang masuk ke dalam tubuh dalam jumlah besar bisa memberikan dampak negatif.

Di sisi lain, memberikan tanggal best before dan tanggal kedaluwarsa pada kemasan air mineral bisa memberikan dampak positif di bidang ekonomi. Sebab, dengan adanya tanggal tersebut, mereka lebih termotivasi untuk mengejar target dan segera menghabiskan stok penjualan.

Jadi, agar terhindar dari dampak negatif mengonsumsi air mineral, kamu bisa menyimpan air mineral dalam kondisi sejuk dan terhindar dari sinar matahari. Selain itu, jangan biarkan air mineral berada di dekat bensin agar kualitas air mineral tetap aman untuk dikonsumsi.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani
Dita Rana
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US