Charles Peace, Musisi Psikopat dan Pembunuh
Charles Peace, psikopat dan pria paling licik yang pernah ada. (Alcherton)
Fakta Dan Mitos

Charles Peace, Musisi Psikopat dan Pembunuh

Pria paling licik di Inggris.

Minggu, 08 Maret 2020 11:11 WIB 08 Maret 2020, 11:11 WIB

INDOZONE.ID - Charles Peace, jika dilihat dari nama belakang pria yang satu ini memang berarti kedamaian. Namun kedamaian di sini memiliki konteks yang berbeda.

Hal ini karena Charles Peace bisa duduk dengan tenang dan damai saat melihat orang lain yang tak bersalah menerima hukuman mati atas kesalahan yang Peace lakukan.

Meski berulang kali lolos dari berbagai kejahatan yang ia lakukan, akhirnya ia tertangkap. Semua pengakuannya terhadap seorang pendeta menguak seluruh kejahatannya yang tidak terdeteksi polisi. 

1. Sekilas tentang Charles Peace.

Charles Peace yang jadi buronan
Charles Peace yang jadi buronan (Trip Advisory)

Mengutip buku 'The Legend' karya J.D Rasz, Charles Peace adalah seorang pria berperawakan kecil yang sangat mahir bermain biola meskipun dua jarinya hilang karena kecelakaan waktu kecil. Bahkan ia sempat disebut sebagai Paganini modern. 

Namu saat malam hari, ia berubah menjadi pencuri yang jago memanjat tembok tinggi. Ia juga memiliki keahlian memasuki rumah dari atap.

2. Tampang jelek, tapi memikat beberapa wanita.

Artwork Charles Peace
Artwork Charles Peace (Allevents)

Peace memiliki seorang istri bernama Hannah dengan anak lak-lakinya Willie. Namun pria yang tampangnya sedikit aneh ini memiliki cara tersendiri untuk memikat wanita. 

Salah satunya Katherine Dyson, sorang wanita cantik yang sudah memiliki suami. Katherine tergoda dengan Peace sehingga berulang kali mendatangi rumahnya. Sampai suaminya marah dan melarang Charles Peace untuk datang.

3. Ambisius yang gila.

Charles Peace, berdasarkan penggambaran seorang aktor
Charles Peace, berdasarkan penggambaran seorang aktor (The Movie Scene)

Meskipun bertubuh kecil, namun sifat Peace sungguh ambisius. Katherine sempat dibuat ketakutan dengan aksinya yang suka memandangi rumah keluarga Dyson di tengah malam layaknya orang psikopat. 

Meskipuan keluarga Dyson melaporkan ke polisi, Peace selalu berhasil lolos dan tak kapok. Bahkan ia mengikuti ke mana Katherine dan suaminya pergi.

4. Membunuh suami Katherine Dyson.

Peace yang obsesif
Peace yang obsesif (murderpedia)

Pada 29 November 1876 silam, Peace yang membawa pistol menanti Katherine dalam kegelapan di kawasan West Central London. Katherine berteriak dan membuat sang suami berusaha mengejar Peace. 

Namun dalam kegelapan terdengar dua tembakan. Saat itu suami Katherine Dyson sudah ditemukan terkapardengan sebutir peluru menembus kepala. 

5. Melarikan diri dan menyamar sebagai pria terhormat.

Charles Peace
Charles Peace (Alchetron)

Polisi pun melakukan sayembara untuk mencari keberadaan Charles Peace, sementara sang penjahat licik tersebut melarikan diri ke kota lain. Saat Katherine Dyson pergi ke Amerika, Peace kembali ke London. 

Ia menyamar sebagai pria terhormat dengan rambut dan baju yang rapi serta menggunakan banyak nama. Bahkan untuk menghindari kecurigaan, ia berteman dengan para polisi dan akrab dengan mereka. 

6. Kena batunya.

Ilustrasi penangkapan Charles Peace
Ilustrasi penangkapan Charles Peace (Youtube/Films by the Year)

Nasib malang pun menimpa Charles Peace pada 10 Oktober 1878 silam. Saat mencuri sebuah kotak perak dan sebuah buku cek, polisi melihatnya dan mengepung Peace. 

Terjadilah baku tembak yang sempat membuat salah satu perwira polisi Edward Robinson terluka. Namun para polisi tidak menyerah dan berhasil melumpuhkannya.

7. Terungkap identitas asli karena wanita simpanan.

Ilustrasi wanita simpanan Chales Peace
Ilustrasi wanita simpanan Chales Peace (RareFilm)

Saat di pengadilan, Peace dijatuhi hukuman seumur hidup. Saat itulah wanita simpanannya membuka identitas aslinya sebagai pembunuh suami Katherine Dyson. 

Polis pun memanggil Katherine dari Amerika Serikat untuk menggugat Peace. Pria itu pun dijatuhi hukuman mati. 

8. Mengungkap kejahatannya kepada pendeta. 

Hukuman mati untuk Charles Peace
Hukuman mati untuk Charles Peace (PictureSheffield)

Di hari-hari menjelang pelaksanaan hukuman, Peace menulis surat pengakuan. Kepada Pendeta J. H. Littlewood ia membuat pengakuan beberapa kejahatan lainnya. 

Mulai membunuh seorang polisi di Manchester, serta menyaksikan seorang tak bersalah bernama Habron dihukum karena kesalahan yang sebenarnya Peace lakukan. Sementara Habron akhirnya dibebaskan mendapat ganti rugi, Charles peace akhirnya dihukum mati di penjara Armley di Leeds, Inggris. 

9. Tidak menyesal?

Charles Peace tidak menyesal
Charles Peace tidak menyesal (AKG Images)

Meski terlihat mohon ampun dan minta maaf, ternyata dalam diri Charles Peace ia tidak menyesali tindakannya. Ia sempat berkata kepada pendeta sebelum dihukum mati.

"Kesalahan terbesar sepanjang karier saya ini adalah karena memakai peluru. Seharusnya saya memasang bahan peledak saja," ucap Peace.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
M Fadli

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US