The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Anjing Punya 'Teori Pikiran' yang Bisa Mengetahui Manusia Berbohong atau Tidak
Ilustrasi anjing. (Freepik/wirestock)
Fakta Dan Mitos

Anjing Punya 'Teori Pikiran' yang Bisa Mengetahui Manusia Berbohong atau Tidak

Selasa, 11 Januari 2022 23:13 WIB 11 Januari 2022, 23:13 WIB

INDOZONE.ID - Berdasarkan studi terbaru, anjing mungkin dapat mengetahui kapan manusia berbohong kepada mereka. Para peneliti menemukan bahwa anjing bereaksi berbeda terhadap informasi palsu yang diberikan kepada mereka.

Temuan menunjukkan bahwa anjing memiliki "Teori Pikiran" yang mereka gunakan untuk menjelaskan apa yang sedang dilakukan pemiliknya. Anak-anak biasanya mengembangkan kemampuan ini sekitar usia 4 tahun.

"Meskipun setiap pemilik anjing berpikir bahwa anjing mereka 'memahami' mereka, tingkat penalaran yang begitu canggih tentang keadaan mental orang lain belum pernah ditunjukkan secara ilmiah pada anjing," kata ilmuwan Ludwig Huber, Kepala Unit Kognisi Komparatif di Messerli Research Institute, Wina.

Baca juga: Benarkah Kecepatan Bersih Manusia Mencapai 100 Meter Per Detik? Ini Fakta yang Benar

Apakah anjing benar-benar tahu apa yang dikatakan manusia?

anjing mengetahui kebohongan
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Menyadur dari laporan Live Science, Selasa (11/1/2022), otak anjing tidak dapat membedakan kata-kata yang berbeda dengan satu suara ucapan, seperti "duduk". Temuan ini berarti bahwa anjing mungkin mirip dengan bayi manusia dalam kemampuan pengolah kata mereka.

Studi sebelumnya apakah anjing dapat memahami kebohongan memiliki hasil yang bertentangan. Ilmuwan juga memperdebatkan apakah hewan non-manusia lainnya dapat terlibat dalam apa yang disebut 'membaca pikiran'.

Untuk mengetahui hal itu, Ludwig Huber dan Lucrezia Lonardo (seorang mahasiswa doktoral di Messerli Research Institute) merekrut 260 anjing dari berbagai usia dan lusinan ras berbeda untuk sebuah eksperimen.

Dari penelitian itu, ada satu ras anjing yang lebih sering mengabaikan saran komunikator yang salah atau yang dianggap menyesatkan dari komunikator yang ada di ruangan itu. Hasil penelitian menemukan bahwa kemampuan itu tampaknya membuat anjing mengetahui apakah ia dapat mendeteksi kebohongan manusia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M. Rio Fani
M Fadli

M Fadli

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US