The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Babilonia, Kota Hilang yang Dulu Paling Masyhur di Dunia
Kawasan bersejarah bekas kota kuno Babilonia (Visit Irak)
Fakta Dan Mitos

Mengenal Babilonia, Kota Hilang yang Dulu Paling Masyhur di Dunia

Minggu, 16 Januari 2022 18:28 WIB 16 Januari 2022, 18:28 WIB

INDOZONE.ID - Di era modern saat ini, nama Babilonia hanyalah menjadi sebuah catatan sejarah. Bahkan keberadaannya pun nyaris tidak berwujud lagi. Namun siapa sangka, Babilonia pernah menjadi kota paling maju dan masyhur di dunia.

Babilonia merupakan sebuah kerajaan yang berdiri di era peradaban Mesopotamia, kini wilayah Irak, dari abad ke-18 sampai 6 Sebelum Masehi (SM).

Sejarah Babilonia dimulai dari 4.000 tahun lalu yang kala itu dihuni oleh suku Amori. Kaisar Hammurabi yang menginvasi negara kota Ur, Uruk dan lainnya sehingga berdirinya kerajaan Babilonia.

mengenal babilonia
Kawasan bersejarah bekas kota kuno Babilonia (Visit Irak)

Sejarah Babilonia terus berlanjut ketika di bawah kepemimpinan Nebukadnezar II (604-561 SM). Dia mengubah Babilonia menjadi sebuah kota dengan keajaiban arsitektur yang mengagumkan.

Adalah Gerbang Ishtar yang megah, sebuah bangunan pertama yang membuat nama Babilonia masyhur di dunia. Bangunan itu digunakan untuk menyambut para pendatang dari luar kota maupun luar negeri.

Selain Gerbang Ishtar, kepemimpinan Nebukadnezar II juga membangun Taman Gantung Babilonia. Namun sayang, kini tak ditemukan lagi taman tersebut meski ahli sejarah dunia sudah menetapkan lokasi di mana letak taman itu.

mengenal babilonia
Kawasan bersejarah bekas kota kuno Babilonia (Visit Irak)

Di era kepemimpinan Nebukadnezar II, Babilonia berubah menjadi kota paling penting dan terbesar di dunia selama bertahun-tahun.

Kejayaan Babilonia terus memudar setelah kota tersebut direbut oleh bangsa Asyur, Arab, Persia dan berlanjut hingga Yunani selama beratus-ratus tahun lamanya.

Babilonia di era modern

Sisa-sisa bekas negara kota Babilonia makin terbengkelai. Di era pemerintahan Saddam Hussein, pemimpin Irak, kawasan peninggalan Babilonia itu tidak terurus selama lebih dari tiga dekade.

Kawasan peninggalan bersejarah itu semakin mengkhawatirkan ketika adanya pembangunan pangkalan militer Amerika dan Polandia selama Perang Irak.

Namun kini, pemerintah Irak dan PBB telah bekerjasama untuk melakukan perawatan terhadap kawasan bersejarah itu. Bekas kota kuni Babilonia telah ditetapkan sebagai Warisan Sejarah UNESCO.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Nanda
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Nanda

Nanda

Writer
JOIN US
JOIN US