The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Moto Sak Tampah, Mitologi Hantu yang Berasal dari Jawa!
Mata. (photo/Ilustrasi/Pexels/)
Fakta Dan Mitos

Mengenal Moto Sak Tampah, Mitologi Hantu yang Berasal dari Jawa!

Jumat, 24 September 2021 12:47 WIB 24 September 2021, 12:47 WIB

INDOZONE.ID - Indonesia sendiri dikenal mempunyai keberagaman suku bangsa dan budayanya yang sangat berlimpah. Selain itu, Indonesia juga mempunyai banyak kisah mengenai cerita rakyat bahkan hingga keberadaan makhluk mitologi dan makhluk yang tidak kasat mata. 

Masing-masing kisah itu pun dikemas sesuai dengan ciri khas daerahnya masing-masing. Bahkan, dari sekian banyak juga ada kisah-kisah yang dinilai tidak masuk akal. Seperti mengenai sebuah kisah misteri hantu Moto Sak Tampah yang pernah populer di Jawa. 

Kisah hantu ini melejit dan dikenal dikarenakan hadir dengan pembawaan ceritanya yang unik dan mempunyai ciri khas yaitu sebuah mata raksasa yang sering bergentayangan. Dikisahkan bahwa sosok Moto Sak Tampah memang dijuluki sesuai dengan namanya yaitu Mata Besar Seukuran Tampah. 

Sosok hantu ini sering bergentayangan hanya dengan 1 mata raksasanya tanpa adanya anggota tubuh lainnya. Berbeda dengan sosok hantu lainnya, memang sosok hantu ini hanya mempunyai sebuah bola mata sebesar tampah dan berkeliling dengan maksud meneror para warga yang masih beraktivitas di malam hari. 

Sekilas memang tidaklah berbahaya, tetapi siapa sangka ternyata hantu ini juga konon katanya sering menyerap aura seseorang sehingga orang itu kehilangan gairah untuk hidup dan putus asa dan meninggal dunia. 

Terdapat versi lainnya, sebenarnya hantu ini juga mempunyai tubuh seperti dengan manusia, akan tetapi tidak mempunyai kepala dan kepalanya digantikan dengan satu bola mata besar. Mitos hantu ini pun mengatakan jika kamu bertemu dengan sosok hantu ini baiknya segera menghindar, dikarenakan sosok ini diyakini mampu hipnotis manusia supaya mengikuti arahan si hantu mata itu. 

Hantu ini biasanya akan menghipnotis manusia agar melakukan bunuh diri dengan cara berlari ke jalan raya ataupun menjatuhkan diri ke jurang atau bahkan menusukkan senjata tajam ke tubuh dirinya sendiri hingga mati. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US