The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengapa Umat Nasrani Beribadah pada Hari Minggu? Berikut Faktanya
Ilustrasi Ibadah hari Minggu. (Pexels)
Fakta Dan Mitos

Mengapa Umat Nasrani Beribadah pada Hari Minggu? Berikut Faktanya

Ini awal mulanya.

Sabtu, 16 Oktober 2021 11:03 WIB 16 Oktober 2021, 11:03 WIB

INDOZONE.ID - Selain menjadi hari libur, hari Minggu juga kerap dijadikan sebagai hari beribadahnya orang Nasrani untuk berdoa kepada Tuhan. Biasanya orang-orang Kristen berbondong-bondong bersama keluarga menuju ke Gereja untuk mendapatkan berkat dari Tuhan di hari Minggu.

Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa orang Kristen hanya melakukan ibadah pada hari Minggu?

Alasan pertama yang mendasari seluruh alasan lainnya yakni, orang Kristen percaya jika Tuhan Yesus bangkit pada hari Minggu. Hal ini terdapat dalam Matius 28: 1 dimana dijelaskan jika hari Minggu adalah hari untuk memperingati kebangkitan Kristus yang terjadi pada hari Minggu, hari pertama dalam seminggu.

Baca Juga: Keren! Sebentar Lagi Indonesia Bakal Punya Patung Yesus Tertinggi di Dunia

Selain itu, ibadah di hari Minggu termasuk dalam isi Perjanjian Baru . Jemaat mula-mula di Troas beribadah pada hari Minggu dan melakukan Perjamuan Kudus (Kisah Para Rasul 20: 7).

Rasul Paulus meminta agar para jemaat di Korintus mengumpulkan persembahan mereka setiap hari pertama dalam satu minggu, yakni hari Minggu.

Dalam wahyu agama Kristen 1:10, hari Minggu disebut sebagai "Hari Tuhan" yang mana hal ini setara dengan istilah "Perjamuan Tuhan".

Hal terakhir yang menjadi alasan bagi orang Kristen beribadah di hari Minggu adalah karena Yesus telah menggenapi hukum Sabat. Yang mana dalam kisahnya, Yesus telah bereinkarnasi menjadi manusia yang terlahir di dalam keluarga Yahudi.

Namun, saat menjadi Yahudi, Yesus menggenapi Sabat lantaran di dalam kitab Yahudi (Taurat), Yesus disebutkan meninggal dalam keadaan di kayu salib. Hal ini menjadi tanda jika Taurat tak lagi mengikat orang Kristen.

Jika Tuhan Yesus telah menggenapi Sabat, maka tentu orang Kristen tak perlu lagu merayakannya dan mengikuti aturan-aturannya untuk beribadah pada hari Sabtu.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US