The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peneliti Berhasil Menemukan Papan Ski Kuno di Gunung Digervarden, Norwegia!
Penemuan papan ski kuno. (photo/Dok. Espen Finstad/Secret of The Ice)
Fakta Dan Mitos

Peneliti Berhasil Menemukan Papan Ski Kuno di Gunung Digervarden, Norwegia!

Rabu, 13 Oktober 2021 13:25 WIB 13 Oktober 2021, 13:25 WIB

INDOZONE.ID - Pemakaian dari papan ski di tanah bersalju sudah lama dilakukan oleh orang Eropa sebagai transportasi di musim dingin. Hanya saja, tidaklah jelas detail mengenai daerah asal-usul pemakaian awalnya. 

Kemudian, terdapat banyak peninggalan papan ski terungkap di seantero kawasan yang iklimnya mendapatkan salju, terutama di belahan utara. Baru-baru ini, sebuah tim penelitian di Norwegia pada September dilaporkan telah menemukan papan ski dari masa prasejarah di Gunung Digervarden, Norwegia yang terbenam es pada 1.300 tahun lalu. Papan ski itu diperkirakan dibuat maupun dipakai pada Zaman Besi akhir. 

Penemuan ini ternyata adalah pasangan ski kuno yang ditemukan di tempat yang sama pada 2014. Meski bukan menjadi papan ski kuno tertua, kondisi dari papan kuno ini masih sangatlah awet. Penemuan ini pun diluncurkan di Journal of Glacial Archaeology tahun 2018. 

Dalam jurnal itu, peneliti menemukan kondisinya yang terpelihara baik. Hanya saja, mereka berhasil menemukan hanya sebelah dan para peneliti terus memantau lapisan es sekitarnya demi mendapatkan pasangannya sejak 2016 lalu. Melihat hal itu, Lars Pilo selaku salah satu peneliti memberikan komentarnya. 

"Ski dengan cepat menemukan jalannya ke museum. Kami mengirimkan tanggal radiokarbon ke lab Beta di Florida sesegera mungkin. Itu kembali dalam dua minggu. Ski itu dari sekitar 750 M!" ungkapnya. 

"Ski Digervarden adalah jenis yang dikenal—ski luas dengan pijakan yang terangkat. Jenis ski yang sama juga digunakan di dataran rendah. Aspek baru yang menarik dari ski Digervarden adalah ikatannya dipertahankan. Ski Digervarden memiliki pengikat kaki dengan withe dan tali kulit di sekitar tumit." katanya. 

Papan ski yang ditemukan mempunyai jenis yang sama dengan yang pertama. Di mana, papan ski itu mempunyai pijakan yang terangkat dan pengikat untuk kaki. Hanya saja, penemuan papan ski kedua ini dilaporkan lebih panjang 17cm dan lebih lebar 2 cm dari penemuan pertamanya, 187 cm dan lebar 17 cm. 

"Ski tidak sama identik, tetapi kita seharusnya tidak begitu mengharapkannya. Ski buatan tangan, tidak diproduksi secara massal." katanya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US