The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ilmuwan Akhirnya Bisa Bingung, Panjang Hari di Bumi Semakin Meningkat Misterius, Kok Bisa?
Ilustrasi Bumi. (Unsplash)
Fakta Dan Mitos

Ilmuwan Akhirnya Bisa Bingung, Panjang Hari di Bumi Semakin Meningkat Misterius, Kok Bisa?

Sabtu, 13 Agustus 2022 00:10 WIB 13 Agustus 2022, 00:10 WIB

INDOZONE.ID - Jika selama ini kita ketahui bahwa satu hari terdiri dari 24 jam, kini tampaknya aturan tersebut sudah tak lagi berguna. Lantaran para ilmuwan dibuat bingung akan kejadian misterius pada planet Bumi.

Dalam keterangan terakhir, para ilmuwan merasa panjang hari di Bumi semakin meningkat secara misterius. Hal ini dilakukan lewat penelitian yang dilakukan dalam mengukur waktu rotasi Matahari yang menjadi pengukuran selama ini.

Baca Juga: NASA Temukan ‘Kuping’ di Mars, Apakah Bisa Mendengar?

Dikutip dari Science Alert, jam atom dikombinasikan dengan pengukuran astronomi yang tepat, telah mengungkapkan bahwa panjang hari tiba-tiba bertambah panjang.

Sejak 2020, perhitungan satu hari terdiri dari 24 jam seiring rotasi Bumi mulai berubah. Pasalnya sejak tahun tersebut, Bumi mengalami yang namanya perlambatan. Hari semakin lama lagi, dan alasannya sejauh ini masih menjadi misteri ilmuwan.

Waktu sebenarnya yang dibutuhkan Bumi untuk menyelesaikan satu putaran sangat bervariasi. Perubahan ini terjadi selama jutaan tahun hingga hampir seketika. Bahkan gempa bumi dan badai dapat berperan.

Selama jutaan tahun, rotasi Bumi telah melambat karena efek gesekan yang terkait dengan pasang surut yang didorong oleh Bulan. Proses itu menambahkan sekitar 2,3 milidetik ke panjang setiap hari setiap abad. Beberapa miliar tahun yang lalu, panjang hari di Bumi hanya sekitar 19 jam saja.

Alasan perubahan ini tidak jelas. Bisa jadi karena perubahan sistem cuaca, dengan peristiwa La Niña berturut-turut. Meskipun ini telah terjadi sebelumnya. Itu bisa meningkatkan pencairan lapisan es, meskipun itu tidak terlalu menyimpang dari tingkat pencairan yang stabil dalam beberapa tahun terakhir.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Abdul Fattah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US