The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gambar Pertama dari Mars Telah Tiba Melalui Mars Rover Zhurong China
Penjelajah Zhurong. (photo/Dok. CNS / CNSA)
Fakta Dan Mitos

Gambar Pertama dari Mars Telah Tiba Melalui Mars Rover Zhurong China

Kamis, 20 Mei 2021 13:02 WIB 20 Mei 2021, 13:02 WIB

INDOZONE.ID - Panel surya menghadap lanskap alien, landai dan tiang yang arah ke cakrawala Mars, penyelidikan pertama China di Planet Merah telah memancarkan kembali  foto "selfie" pertamanya usai lakukan pendaratan bersejarah minggu lalu. Dimana, penjelajah Zhurong dibawa ke atmosfer Mars di sebuah penadart pada hari Sabtu, dalam pendaratan probe pertama yang berhasil oleh negara mana pun dalam misi Mars pertama. 

Zhurong, dinamai sesuai dengan mitos dewa api Tiongkok, diklaim tiba beberapa bulan usai penyelidiklan terbaru Amerika Serikat ke Mars, dan telah dirayakan di Tiongkok sebagai tonggak pencapaiannya ke status adidaya luar angkasa. 

Pihak Administrasi Luar Angkasa Nasional Tiongkok pada hari Rabu menerbitkan gambar yang diambil dengan kamera yang terpasang pada penjelalah, yang menunjukkan peralatan penghindaran dari rintangan dan panel surya pada kendaraan, serta dengan tekstur permukaan Mars. 

"Orang-orang di internet, gambar Mars yang Anda rindukan ada di sini," kata badan antariksa itu dalam sebuah posting media sosial yang berisi gambar-gambar itu.

Pendaratan pesawat penjelajah itu menggigit paku untuk insinyur luar angkasa Tiongkok, dengan media pemerintah yang gambarkan proses menggunakan parasut untuk perlambat penurunan hingga penyangga kaki sebagai "bagian paling menantang dari misi". Diperkirakan akan menghabiskan waktu sekitar tiga bulan di sana untuk mengambil foto dan memanen data geografis.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto
JOIN US
JOIN US