The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berikut Sejumlah Manfaat yang Didapatkan dengan Berjemur di Bawah Sinar Matahari!
Berjemur di bawah sinar matahari. (photo/Ilustrasi/Pexels/Maggie Zhan)
Fakta Dan Mitos

Berikut Sejumlah Manfaat yang Didapatkan dengan Berjemur di Bawah Sinar Matahari!

Kamis, 22 Juli 2021 13:45 WIB 22 Juli 2021, 13:45 WIB

INDOZONE.ID - Menurut pernyataan dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, UV dari sinar matahari dapat membantu pengobatan beberapa kondisi kesehatan, seperti eksim, psoriasis, hingga penyakit kuning. Selain itu, sinar UV juga dapat membantu mendisinfeksi atau mensterilkan tubuh, serta membantu tubuh menghasilkan vitamin D secara alami. 

Tetapi di sisi lain, pihak American Academy of Dermatology pun menyarankan untuk tidak menjadi paparan sinar matahari jadi metode utama mendapatkan vitamin D, melainkan sebagai kombinasi atau perlengkap dari vitamin D yang didapatkan dari makanan ataupun suplemen. 

Lebih lanjut, kamu akan menerima manfaat kesehatan yang serupa ketika melakukan berjemur di saat yang tepat. Lantas, manfaat apakah saja itu? Berikut ini daftarnya: 

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengutip dari Selec Health, vitamin D yang didapatkan secara rutin dengan berjemur dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko infeksi, penyakit, kematian setelah operasi, dan beberapa jenis kanker lainnya. 

2. Mengurangi depresi

Seperti yang dikutip dari laman Healthline, berjemur di bawah sinar matahari dapat mengurangi gejala depresi, dikarenakan sinar matahari memicu otak melepaskan hormon serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan perasaan tenang. Selain itu, berjemur juga mungkinkan untuk tingkatkan mood seseorang. 

3. Membuat tulang lebih kuat 

Kandungan Vitamin D yang didapatkan dengan berjemur ini membantu tubuh mudah menyerap kalsium, yang mengarah ke tulang yang lebih kuat dan dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis dan radang sendi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US