The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Hamadriads, Cerita Penunggu Pohon dalam Mitologi Yunani!
Pohon. (photo/Ilustrasi/Pexels/Johannes Plenio)
Fakta Dan Mitos

Mengenal Hamadriads, Cerita Penunggu Pohon dalam Mitologi Yunani!

Minggu, 17 Oktober 2021 10:23 WIB 17 Oktober 2021, 10:23 WIB

INDOZONE.ID - Terdapat banyak sekali cerita mitologi yang beredar dan dipercaya masyarakat di seluruh dunia, tidak terkecuali dengan Yunani. Yunani sendiri diketahui mempunyai banyak cerita mitos atau mitologi beredar dan dipercayai masyarakat di sana. Salah satu ceritanya adalah hamadriad atau nimfa pohon. 

Cerita ini muncul dalam beberapa legenda dan mitologi Yunani. Di mana, mereka populer di kemudian hari karena seni dan sastra sering menggambarkannya sebagai roh pohon misterius nan indah.

 Mike Greenberg pun menuliskan hal tersebut kepada Mythology Source, dalam artikelnya berjudul What Were the Hamadryads in Greek Mythology? yang diluncurkan pada 8 Maret 2021 lalu. Melihat hal itu, Mike Greek memberikan komentarnya.

"Roh pohon buah-buahan, misalnya, adalah Meliades, yang dapat ditemukan di kebun buah-buahan maupun di hutan," tulis Greenberg.

Dia juga mengisahkan bahwa Hamadriad tidak seperti dengan nimfa lainnya. Di mana, mereka sangat terikat dengan alam sehingga kematian satu pohon dapat mengakhiri kehidupan mereka juga. 

"Sementara banyak dewa dalam mitologi Yunani, kemungkinan memiliki ikatan dengan tradisi keagamaan yang lebih kuno. Hamadriad mewakili pandangan dunia alam yang mungkin merupakan salah satu kepercayaan tertua di Eropa," jelasnya. 

"Oleh karena itu, mustahil bagi manusia untuk mengetahui apakah dryads atau Hamadriad sekalipun, apakah berada di dekatnya, atau tidak," katanya. 

Tidak seperti nimfa lainnya, hidup mereka terikat pada nasib pohon tertentu. Sebagai dewa kecil, para dryads diyakini dapat berumur panjang. 

"Berbeda dengan Hamadriad. Ia adalah dewi yang unik, sebagai salah satu dari sedikit jenis makhluk alam yang dapat dengan mudah dan rutin dibunuh oleh tindakan manusia." katanya. 

"Hal itu dapat terjadi karena Hamadriad terhubung kepada pohon tertentu daripada hutan atau jenis pohon, sehingga jika pohon mereka ditebang atau dihancurkan, mereka juga akan demikian (mati)," jelasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US