The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tinggal di Luar Angkasa, Gimana Rasanya?
Seorang astronot melakukan pekerjaan di Stasiun Luar Angkasa Internasional. (NASA)
Fakta Dan Mitos

Tinggal di Luar Angkasa, Gimana Rasanya?

Rabu, 25 September 2019 15:57 WIB 25 September 2019, 15:57 WIB

INDOZONE.ID - Pernah kebayang gak sih, kalau kalau kamu harus tinggal di luar angkasa? Dengan minimnya gaya gravitasi di sana yang menyebabkan semuanya melayang, pasti bikin kegiatan yang biasa kamu lakukan di bumi bakalan jauh beda banget deh.

Sahabat INDOZONE, ada yang penasaran gimana jadinya kalau kamu tinggal di luar angkasa?

Seperti dilansir dari situs NASA, pada pembahasan kali ini INDOZONE akan ulas tentang kegiatan sehari-hari di luar angkasa yang #KAMUHARUSTAU.

Bekerja di Luar Angkasa

Ada yang mau jadi seorang astronot? Kalau kamu adalah salah satunya #KAMUHARUSTAU nih pekerjaan apa aja sih yang dikerjakan oleh seorang astronot. Ada beberapa tugas ketika seorang astronot mengorbit Bumi, ternyata gak cuma melakukan penelitian atau percobaan sains yang berkaitan dengan ruang angkasa.

Mereka juga melakukan eksperimen medis perihal kondisi tubuh mereka yang berada pada ruang mikro gravitasi di waktu yang lama. Selain itu para anggota kru juga harus memeriksa sistem pendukung dan filter pembersih guna memastikan stasiun ruang angkasa berada dalam kondisi baik.

Tidur di Luar Angkasa

Tidur memang sudah jadi kebutuhan manusia, sama seperti di bumi di luar angkasa para astronot mendapatkan jam tidur selama delapan jam setiap harinya. Yang membedakan adalah di luar angkasa astronot harus mengikat diri mereka ketika tidur agar tidak melayang dan menabrak sesuatu.

Kalau di bumi orang tidur di atas kasur, di luar angkasa orang-orang harus terbiasa tidur di kantong tidur yang terletak di kabin kru kecil. Bahkan, hal-hal yang terjadi selama tidur seperti mimpi buruk atau mendengkur, harus dilaporkan lho.

Makan di Luar Angkasa

Ketika kamu tinggal di luar angkasa, kamu harus siap tinggal tanpa lemari es, jadi makanan yang dibawa harus disimpan dengan baik agar tidak busuk. Jenis makanan yang biasa dikonsumsi pun tidak terlalu berbeda, seperti buah-buahan atau kue. 

Yang membedakan tambahan seperti garam atau merica disajikan dalam bentuk cair. Hal ini bertujuan untuk menghindari butiran dari bahan-bahan tersebut menyumbat ventilasi udara atau menempel di mata atau hidung.

Beberapa jenis makanan yang biasa disediakan adalah:

  • Buah-buahan
  • Kacang-kacangan
  • Selai kacang
  • Ayam
  • Daging sapi
  • Makanan laut
  • Permen dan lain-lain

Beberapa minuman yang disediakan adalah:

  • Kopi
  • Teh
  • Jus jeruk
  • Limun

Olahraga di Luar Angkasa

Eits, walau tinggal di luar angkasa, para astronot gak lupa sama olahraga lho! Rata-rata mereka melakukan olahraga selama 2 jam per harinya.

Olahraga yang dilakukan menggunakan alat yang sudah didesain khusus sehingga memenuhi standar kebutuhan para astronot untuk berolahraga di luar angkasa.

MCK di Luar Angkasa

Sama seperti di bumi, para astronot yang tinggal di luar angkasa tak lepas dari yang namanya MCK, mandi, cuci, kakus. Kegiatan membersihkan diri seperti mandi, menyikat gigi, hingga buang air kecil atau besar pun terbilang sama.

Sekarang mungkin yang ada benak kamu adalah bagaimana air atau kotoran mereka berada pada gravitasi 0. Apakah zat sisa tersebut akan melayang?

Pada gravitasi yang 0 toilet di ruang angkasa didesain lebih kompleks ketimbang toilet yang ada di bumi. Ketika buang air, para astronot memposisikan diri di kursi toilet yang memiliki fungsi seperti penyedot udara yang kemudian dipindah kotoran tersebut ke tanki limbah.

Selain itu juga ada corong urinoir yang dipasang ke adaptor selang, dengan sistem penyedot udara yang sama seperti kursi toilet.

Nah itu dia kegiatan sehari-hari ketika berada di luar angkasa. Gimana masih mau jadi astronot?


TAG
Indozone
Yulia Marianti
JOIN US
JOIN US