The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ankylosaurus, Dinosaurus dengan Perisai Tulang dan Tinju di Ujung Ekor
photo/Ilustrasi/Deviantart/EldarZakirov
Fakta Dan Mitos

Ankylosaurus, Dinosaurus dengan Perisai Tulang dan Tinju di Ujung Ekor

Kamis, 14 November 2019 21:00 WIB 14 November 2019, 21:00 WIB

INDOZONE.ID - Ankylosaurus adalah salah satu jenis dinosaurus yang memiliki tubuh sepanjang 9 meter dan beratnya mencapai hampir 7 ton.

Keunikan dinosaurus ini terletak pada tubuhnya yang dilindungi semacam cangkang yang keras sehingga tubuhnya tidak dapat diserang dengan mudah bahkan oleh T-Rex sekalipun.

Perisai di kulitnya ini terdiri dari tonjolan-tonjolan dan pelat tulang yang dikenal dengan osteoderms dengan tebal sekitar 5 cm. 

Selain itu diujung ekor Ankylosaurus terdapat sebuah tonjolan besar seperti sebuah pemukul. Ujung ekorya ini akan ia gunakan untuk menyerang para predator sekaligus menarik pasangan.

Fosil Ankylosaurus pertama kali ditemukan di Montana, Amerika pada tahun 1906. Ankylosaurus hidup di era Cretaceous akhir, sekitar 65,5 sampai 66,8 juta tahun yang lalu. Mereka adalah golongan herbivora alias pemakan tumbuhan. 

Seolah memiliki banyak pelindung ditubuhnya, Ankylosaurus memiliki kelemahan yaitu pada bagian perutnya. Menurut para ahli, saat diserang mereka akan berbaring di tanah untuk melindungi perutnya. 

TAG
Indozone
Reka Kumara
Reka

Reka

Writer
Reka Kumara

Reka Kumara

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US