The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Muses, Sembilan Dewi Yunani Penguasa Sasta dan Seni
Ilustrasi dewi Muses. (wikimedia.org)
Fakta Dan Mitos

Muses, Sembilan Dewi Yunani Penguasa Sasta dan Seni

Sabtu, 24 Oktober 2020 18:00 WIB 24 Oktober 2020, 18:00 WIB

INDOZONE.ID - Dalam mitologi Yunani ada istilah Muses yang ditujukan pada sembilan dewi yang diyakini menguasai semua bidang sastra dan seni utama. 

Mereka adalah Calliope muse dari puisi, Clio muse dari sejarah, Erato muse dari puisi cinta, Euterpe muse dari musik, lagu dan lirik puisi, Melpomeme muse dari tragedi, Polyhymnia muse dari himne, Thalia muse dari komedi, Urania muse dari astronomy dan Terpshichore dewi menari dan irama. 

Mereka dianggap sebagai sumber pengetahuan yang terkandung dalam puisi, lagu lirik, dan mitos yang terkait secara lisan selama berabad-abad dalam budaya Yunani kuno.

Kini kata "muse" secara umum dapat merujuk pada siapa saja atau apapun yang menginspirasi seorang seniman, musisi, atau penulis.

Adanya muses ini menggambarkan pentingnya sastra dan musik dalam budaya Yunani. Yunani kuno menganggap musik adalah tanda manusia yang beradap. 

Ilustrasi Dewi Terpsikhore
Ilustrasi Dewi Terpsikhore . (monster.fandom.com)

Terpsichore menjadi salah satu dewi muses yang paling populer.  Dalam seni dan patung, dirinya digambarkan sedang duduk dengan kecapi.

Saat ini, Terpsichore sendiri sering digunakan sebagai metafora, atau personifikasi dari tarian.

Terpsikhore merupakan putri Zeus dan Mnemosine, dewi ingatan. Terkadang dirinya disebut sebagai ibu para siren, makhluk laut yang menyanyikan lagu-lagu memikat hati para pelayar. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Reka
Reka

Reka

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US