The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berikut Fakta-fakta dan Manfaat Kimchi yang #KAMUHARUSTAU
Iustrasi sayuran Kimchi. (photo/Ilustrasi/Pexels/allybally4b)
Fakta Dan Mitos

Berikut Fakta-fakta dan Manfaat Kimchi yang #KAMUHARUSTAU

Rabu, 20 Januari 2021 19:00 WIB 20 Januari 2021, 19:00 WIB

INDOZONE.ID - Kimchi merupakan makan yang berasal dari Korea. Dimana, makanan ini adalah asinan sayur (sawi putih dan lobak) yang telah dilakukan  fermentasi. Nantinya, sayuran tersebut akan dicampur dengan bumbu seperti kecap ikan, bawang putih, jahe, udang kecil, serta bubuk cabai merah. 

Selain dimakan secara langsung, Kimchi juga dapat disajikan dalam beberapa jenis makanan seperti, sup kimchi atau nasi goreng kimchi. Bahkan, beberapa makanan akan menggunakan kimchi sebagai topping seperti pizza, pancake, ataupun burger. 

Kimchi sendiri merupakan makanan yang mengandung 7 gram karbohidrat, 17 kalori, 3 gram serat serta tidak mengandung lemak. Kandungan tersebut dapat dijumpai dalam satu porsi Kimchi. Kimchi sendiri memiliki beberapa manfaat jika dikonsumsi. Berikut, ini beberapa manfaat dari kimchi:

1. Kimchi mengandung bakteri yang ramah untuk usus. 

Kimchi merupakan makanan yang memiliki kandungan probiotik, dimana merupakan bakteri baik untuk sistem pencernaan tubuh.

Dengan mengonsumsi kimchi, tubuh akan mendapatkan asupan probiotok guna menjaga keseimbangan mikroba pada usus serat meningkatkan fungsi usus. 

2. Kimchi dapat meningkatkan sistem imun serta bersifat anti-aging.

Selain mengandung probiotik, Kimchi sendiri juga mengandung kloforil,fenol, karotenoid, serta vitamin C. Dimana, semua kandungan tersebut mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh. 

Dimana vitamin C sendiri dapat mendorong sistem kekebalan tubuh lebih kuat dalam melawan infeksi serta dapat mengurangi radikal bebas dan memproduksi kolagen. 

Zat kolagen adalah merupakan zat berupa protein yang dibutuhkan kulit agar tetap kenyal dan elastis. Dimana, kedua manfaat ini mampu memperlambat proses penuaan pada kulit. 

3. Kimchi dapat mengatasi kanker

Dimana, dengan mengonsumsi kimchi dapat mengatasi kanker dikarenakan memiliki kandungan bsitoterol dan asam linoleat. Dimana, kedua zat ini adalah merupakan zat antikanker yang terdapat pada sawi. 

Manfaat dari kimchi sangatlah optimal apabila kondisi dari kimchi sendiri dimasak dalam keadaan yang pas. Dimana, kimchi sendrii tidak terlalu matang ataupun masih bersifat mentah. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US