The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Misteri Makam di Tengah Jalanan Purwokerto, Gak Bisa Dipindahkan Sampai Jadi Nama Jalan
Makam di tengah jalan (Z Creators/Rizqi Taufikul)
Fakta Dan Mitos

Misteri Makam di Tengah Jalanan Purwokerto, Gak Bisa Dipindahkan Sampai Jadi Nama Jalan

Selasa, 04 Oktober 2022 20:33 WIB 04 Oktober 2022, 20:33 WIB

INDOZONE.ID - Orang yang sudah meninggal biasanya akan dimakamkan di tempat permakaman umum atau makam milik keluarga. Namun di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah terdapat makam unik yang berada tepat di tengah jalan.

Makam dengan bangunan berbentuk kotak panjang ini berada tepat di tengah pertigaan jalan yang enggak jauh dari Alun-alun Purwokerto. Bangunan ini terkenal dengan nama makam Ragasemangsang.

makam misterius
Makam misterius di dekat Alun-Alun Purwokerto (Z Creators/Rizqi Taufikul)

Sekilas bentuk makam yang berukuran sekitar 2,5x1,5 meter ini mengingatkan pada benteng-benteng kuno pada masa silam. Bagian depan terdapat pintu kecil yang bisa digunakan untuk orang saat masuk. Setiap orang yang melintasi jalan ini pasti dapat melihat kokohnya bangunan makam Ragasemangsang ini.

makam misterius
Makam di dalam bangunan kecil tengah jalan (Z Creators/Rizqi Taufikul)

Asal-usul pasti makam ini masih menjadi misteri. Rokhmat Sodikin, salah satu warga yang sudah berada di daerah tersebut sejak 1986 mengungkapkan, kalau makam ini konon milik salah seorang yang hidup pada zaman Belanda.

"Jadi dulu zaman perang, zaman Belanda, itu ada orang mati di pohon daerah situ. Posisinya itu badannya tersangkut di pohon atau raga semangsang. Makanya jalannya dinamakan Ragasemangsang. Menurut cerita seperti itu" ungkapnya

Rokhmat melanjutkan, sebetulnya makam ini berada di pinggir jalan, namun setelah ada pelebaran jalan posisinya jadi di tengah jalan.

"Dulu kan di pinggir sebenarnya, enggak di tengah-tengah jalan. Jalannya ini dilebarkan ke sana jadinya di tengah-tengah," ungkapnya lagi

makam misterius
Makam misterius di tengah jalan (Z Creators/Rizqi Taufikul)

Rokhmat menyebut kenapa makam ini tidak dipindahkan karena masyarakat sekitar menghormati apa yang telah ada sejak lama. Apalagi sudah dijadikan nama jalan. Paling kalau ada yang rusak, biasanya warga gotong-royong memperbaikinya.

Namun enggak sedikit masyarakat yang percaya kalau makam ini keramat dan ada hal mistis yang berkembang sehingga tidak dipindahkan dari tengah jalan.

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Rizqi Taufikul
Rizqi Taufikul
Community Writer
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US