Ikan Nemo, Ikan Hias yang Hidup di Daerah Terumbu Karang
Ikan badut/ikan nemo. (Unsplash/Yousef Salhamoud)
Fakta Dan Mitos

Ikan Nemo, Ikan Hias yang Hidup di Daerah Terumbu Karang

Sabtu, 14 Maret 2020 18:00 WIB 14 Maret 2020, 18:00 WIB

INDOZONE.ID - Ikan badut biasa disebut dengan ikan nemo karena menjadi salah satu karakter dalam film animasi berjudul "Finding Nemo."

Ikan ini cukup digemari terutama di kalangan anak-anak. Ikan ini merupakan ikan hias air asin dari subfamili Amphiprioninae.

Terdapat sekitar 28 spesies yang dikenali. Ikan ini umumnya memiliki warna jingga, oranye cerah, kehitaman, kecoklatan atau kuning dengan perpaduan garis putih dan warna hitam.

Ikan ini dapat tumbuh dengan ukuran mencapai 10 hingga 18 centimeter yang hidup di perairan hangat pada daerah terumbu karang. 

Ikan badut tersebar di Samudra pasifik (Fiji), Laut Merah, Samudra Hindia (Indonesia, Malaysia, Thailand, Maladewa, Burma) dan Great Barrier Reef Autralia.

Ikan lucu ini adalah jenis omnivora yang memangsa zooplankton, invertebrata kecil dan parasit yang melekat pada tubuh anemon serta alga bentik.

Ikan badut juga hidup berdampingan dengan anemon. Anemon akan melindungi ikan badut dan ikan badut akan menangkal ikan kupu-kupu (Butterfly Fish) yang suka memakan anemon.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zal
Reka
Zal

Zal

Editor
Reka

Reka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US