The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta! Beberapa Kota di Dunia Melarang Penjualan Mobil Hitam Baru, Mengapa?
Ilustrasi mobil hitam. (Pixabay/Maxssx)
Fakta Dan Mitos

Fakta! Beberapa Kota di Dunia Melarang Penjualan Mobil Hitam Baru, Mengapa?

Kamis, 03 September 2020 10:52 WIB 03 September 2020, 10:52 WIB

INDOZONE.ID - Mobil  berwarna hitam jelas yang paling diminati di antara warna lainnya, hal ini juga berlaku pada jenis kendaraan lain. Tapi ternyata beberapa kota di dunia melakukan pelarangan pada para produsen untuk menjual mobil hitam yang baru. Apa alasannya ya?

Saat terkena panas matahari mobil hitam menyerap lebih banyak panas dari sinar matahari. 

Saluran YouTube BuzzFeedBlue juga pernah melakukan eskperimen dengan menempatkan mobil hitam dan putih di bawah sinar matahari. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa temperatur permukaan mobil hitam meningkat menjadi 76 derajat C, sedangkan mobil putih hanya 58 derajat C. 

mobil hitam di larang di beberapa negara
Ilustrasi mobil hitam. (Pixabay/phily_shotz)

Mengutip dari science info, dalam kurun waktu 2008-2009, negara bagian California, AS sendiri juga melarang penjualan mobil hitam bukan karena kepedulian terhadap kenyamanan penghuninya melainkan karena kekhawatiran akan dampak lingkungan yang merugikan dari mobil tersebut.

Sehingga mobil berwarna hitam atau bentuk yang lebih gelap lebih mudah panas saat di musim panas. 

Selain itu, mobil hitam yang lebih panas saat di bawah sinar matahari juga membuatnya mengkonsumsi lebih banyak energi untuk mendinginkan kabin dan menjaga mobil tetap dingin.  

Ini akan menghabiskan bahan bakar lebih cepat dan meningkatkan dampak pencemaran lingkungan karena emisi beracun dari kendaraan.

Interior bagian dalam mobil berwarna hitam juga akan sering mengalami suhu lebih tinggi saat diparkir di bawah sinar matahari dan menjadi lebih cepat rusak.

Suhu tinggi di dalam kabin juga dapat memengaruhi kesehatan. Saat suhu kabin naik maka akan menghasilkan limbah beracun dari senyawa organik dari plastik, perekat, kulit buatan atau vinil yang terpengaruh sinar UV dan panas. 

Jika kamu telah memiliki mobil hitam maka bahaya tersebut mungkin dapat dihindari dengan tidak memarkir mobil di bawah sinar matahari, turunkan sedikit kaca jika parkir dalam waktu lama. 

Kamu bisa membuka jendela untuk mengeluarkan udara panas sebelum menyalakan AC, atau kamu bisa mempertimbangkan untuk mengubah warna dengan warna lebih cerah dan menggunakan kaca film anti panas. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Reka
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Reka

Reka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US