The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bukan Fatmawati, Rupanya Istri Pertama Soekarno Bernama Siti Oetari, Begini Kisah Cintanya
Kiri: Soekarno. (Wikipedia) Kanan: Soekarno bersama Siti Oetari. (Istimewa)
Fakta Dan Mitos

Bukan Fatmawati, Rupanya Istri Pertama Soekarno Bernama Siti Oetari, Begini Kisah Cintanya

Namanya terdengar asing

Kamis, 18 Agustus 2022 12:09 WIB 18 Agustus 2022, 12:09 WIB

INDOZONE.ID - Jika selama ini banyak orang yang mengetahui istri pertama Soekarno adalah Fatmawati, rupanya hal tersebut merupakan kekeliruan. Sebab terdapat sosok bernama Siti Oetari yang menjadi istri pertama bapak proklamator Indonesia tersebut.

Soekarno memang tak asing lagi dikenal sebagai sosok pendiri Indonesia yang memiliki banyak istri, namun fakta yang perlu diketahui adalah Fatmawati bukan istri pertama dari presiden pertama Indonesia tersebut.

Baca Juga: Ternyata Ibu Negara Fatmawati "Anak Jaksel", Kondisi Rumahnya Nyaris Terbengkalai

Lantas siapakah Siti Oetari?

Diunggah oleh akun TikTok @cucunyasimbah2, Siti Oetari merupakan istri pertama Soekarno yang merupakan putri dari H.O.S. Tjokroaminoto. Keduanya dikisahkan bertemu dan memutuskan untuk menikah di Surabaya.

Sebelum menikah, rupanya keduanya memiliki romansa masa muda dimana Soekarno kerap mencoba merayu Siti Oetari untuk menjadi istrinya.

Dengan panggilan sayang "lak", suatu senja Soekarno mengajak Oetari berbicara empat mata. Di momen itulah, Sukarno menyatakan cinta pada Oetari dengan kalimat gombal yang cukup membuat para perempuan mencair pada sosok yang satu ini.

"Lak, tahukah engkau bakal istriku kelak?" ungkap Soekarno kala itu yang hanya dijawab Oetari dengan gelengan kepala pertanda tidak tahu.

"Kau ingin tahu?" tanya Soekarno lagi.

"Dimana?" tanya Oetari.

"Kau ingin tahu? Boleh.. Orangnya di dekat sini, kau tak usah beranjak karena orangnya ada di sebelahku," goda Soekarno kepada Oetari.

Keduanya pun mengakui bahwa mereka menikah namun dalam sebuah wacana, disebutkan jika Soekarno tidak pernah menjamah Oetari sejengkalpun.

@cucunyasimbah2

Sumber: @kompascom dan @tvOneNews Siti Oetari merupakan istri pertama Sukarno. Keduanya bertemu di Gang Paneleh, Surabaya dimana Siti Oetari adalah putri dari H. O. S. Tjokroaminoto. #WouldYouLoveYou #CaptureRamadanSpark #AQUAAirPower #BatmanBangkit #GoyangGemasMochiBaby

? original sound - Sarah Cothran

Artikel Menarik Lainnya:

Inisiatif Fatmawati Menjahit Bendera Merah Putih, Bantu Suami dalam Persiapan Kemerdekaan

Film Kemerdekaan RI yang Gak Berat Ditonton Remaja, 'Battle of Surabaya' Salah Satunya

Tugu Ini Dulunya Tempat Soekarno Meminta Restu Sebelum Indonesia Merdeka, ke Siapa?

TAG
Dina Agustina
Abdul Fattah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US