The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tanggul Semarang Jebol, Benarkah Pulau Jawa akan Tenggelam Seperti Ramalan Jayabaya?
Kiri: Video detik-detik tanggul Semarang jebol. (TikTok/@ytc.official) Kanan: Pulau Jawa terbelah dua. (Invoice Indonesia/YouTube)
Fakta Dan Mitos

Tanggul Semarang Jebol, Benarkah Pulau Jawa akan Tenggelam Seperti Ramalan Jayabaya?

Selasa, 24 Mei 2022 16:18 WIB 24 Mei 2022, 16:18 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini Indonesia menghadapi bencana alam dengan jebolnya tanggul Semarang dan beberapa kawasan lainnya yang mengalami peningkatan volume air laut.

Saking meluapnya, air laut tersebut bahkan menyapu jalanan warga seperti layakya tsunami kecil yang menimpa warga. Akibatnya, banyak warga yang mengungsi ke kawasan aman dari genangan air.

Baca Juga: Foto-foto Banjir Rob Rendam Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Melihat peristiwa ini, banyak orang berspekulasi akan kebenaran Pulau Jawa yang katanya akan tenggelam dan menjadi lautan di masa mendatang.

Seperti saat diunggah di akun TikTok @ytc.ofiicial, seorang warganet mengomentari video detik-detik jebolnya tanggul di Semarang. Ia mengatakan jika dirinya melihat betul perubahan yang terjadi di Pulau Jawa.

@ytc.official

turut berduka atas bencana yang menimpa saudara kita,semoga keadaan segera membaik, aamin.. #fyp #tangguljebol #tanggulsemarangjebol

? suara asli - ytc.one - ytc.one

"UMURKU SUDAH 45 THUN... TAU BETUL PERUBAHAN SETIAP THUNYA," ungkap akun TikTok Eko Purnomo175.

Netizen tersebut pun menyambung komentarnya dengan mengatakan jika Pulau Jawa akan menjadi genangan air laut di masa mendatang.

"SEMARANG TIMUR - DEMAK BARAT... HNYA NUNGGU AKAN JADI LAUTAN...???????? INI FAKTA," sambungnya.

Netizen lain yang melihat komentar ini langsung teringat akan ramalan yang mengatakan jika Pulau Jawa memang akan terendam dikarenakan peningkatan volume air laut.

Ramalan ini sendiri berasal dari ramalan Jayabaya yang menjadi mitos dan sejumlah predikdi yang sangat dipercaya masyarakat Indonesia. Dalam ramalan Jayabaya disebutkan bahwa pulau Jawa kemungkinan bisa terbelah menjadi dua dan berujung tenggelam akibat adanya bencana alam yang menimpa.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US