Foto Ini Mendapat Penghargaan karena Ungkap Kisah Memilukan di Uganda
Foto bersejarah karya Mike Wells (rarehistoricalphotos.com)
Fakta Dan Mitos

Foto Ini Mendapat Penghargaan karena Ungkap Kisah Memilukan di Uganda

Senin, 13 Januari 2020 19:30 WIB 13 Januari 2020, 19:30 WIB

INDOZONE.ID - Foto bersejarah karya Mike Wells ini menampilkan gambaran tangan seorang misionaris Katolik dan bocah laki-laki asal Uganda. 

Foto ini mendapatkan penghargaan World Press Photo of the Year 1980. Melalui foto ini sang jurnalis foto lepas itu membagikan kisahnya pada sebuah majalah Holland Herald. 

Setelah kekeringan yang melanda dan mengakibatkan gagal panen, bencana kelaparan di Karamoja pun dimulai pada Juli 1978. 

Kondisi politik Uganda yang tengah memanas malah memperburuk keadaan mereka. Kondisi perdagangan Uganda juga terpengaruh akibat panasnya situasi politik. 

Di awal 1980 masyarakat mulai merasakan kelaparan karena kehabisan makanan. Mike Wells pada saat itu bekerja untuk Dana Save the Children dan meliput anti-polio di Swaziland dan Malawi.

Memenangkan penghargaan nyatanya membuat Mike Wells merasa malu karena seolah memanfaatkan keadaan dan tak dapat berbuat apapun pada anak yang kelaparan tersebut.

Wells menolak penghargaan yang diberi padanya namun fotonya tetap dianggap karya penting dan bersejarah yang dapat menggambarkan kondisi Uganda saat itu. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Reka
Reka

Reka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU