The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mitos Kota Kediri yang Keramat Bagi Presiden RI
Ilustrasi kota Kediri (Wikipedia)
Fakta Dan Mitos

Mitos Kota Kediri yang Keramat Bagi Presiden RI

Muncul trending topic #JokowiTakut Kediri

Minggu, 16 Februari 2020 18:31 WIB 16 Februari 2020, 18:31 WIB

INDOZONE.ID - Ada mitos beredar mengenai Kota Kediri di Jawa Timur yang tak ramah buat Presiden Indonesia. Konon katanya, setiap presiden yang berkunjung ke kota Kediri pasti lengser. 

Sebut saja Soekarno, Soeharto, serta  Abdurrahman Wahid atau yang akrab dipanggil Gus Dur. Mitos ini muncul karena perkembangan sejarah politik di Indonesia. 

Tidak ada penjelasan yang logis, karena ini hanya mitos. Bahkan pernyataan ini seharusnya tak dikeluarkan di era yang sudah melek teknologi dan butuh penjelasan secara rasional.

Nyatanya, pernyataan ini masih muncul. Bahkan dari kalangan istana sendiri. 

Bermula dari candaan Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang mengataka,n kalau ia melarang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengunjungi kota, tersebut karena khawatir akan lengser seperti Gus Dur. Hal itulah yang membuat netizen memasang tagar #JokowiTakutKediri. 

Beberapa netizen memberikan komentar terkait mitos dan tagar tersebut. Seperti akun @Raj4Purwa yang meminta Presiden Jokowi untuk membuktikan kebenaran mitos tersebut.

"Kpd yth Pak @jokowi. Tolong laporkan ucapan terima kasih ini, kami tantang bpk untuk mengumumkan Kediri, baru kami percaya itu bpk tdk percaya tahayul, yang menurut Mas Pramono klo ke Kediri akan lengser keprabon! Jgn sampai ada yg bilang #JokowiTakutKediri," cuit akun @Raj4Purwa.

Sampai saat ini, belum ada kejelasan resmi mengapa mitos ini. Namun kutukan ini berhembus turun temurun dari kisah Kutukan Prabu Jayabaya kepada para pemimpin nasional. 

Seperti yang dikutip dari Jatimplus, kedahsyatan sosok Prabu Jayabaya ini pula yang memunculkan keyakinan masyarakat tentang pemimpin nasional. Mereka meyakini jika presiden siapapun yang datang ke Kota Kediri dipastikan runtuh.

Nah, kalau menurut sahabat Indozone bagaimana? Percaya nggak?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
M Fadli
Fauzi

Fauzi

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US