Lingkaran Setan di Mitologi Yunani, Kronos Mati di Tangan Anaknya
Ilustrasi dewa-dewi Yunani (tripsavvy.com)
Fakta Dan Mitos

Lingkaran Setan di Mitologi Yunani, Kronos Mati di Tangan Anaknya

Menjadi Kenyataan

Jumat, 24 Januari 2020 11:00 WIB 24 Januari 2020, 11:00 WIB

INDOZONE.ID - Kronos pemimpin para Titan yang menguasai dunia selama berabad-abad. Dia membunuh ayahnya, Uranus untuk merebut kekuasaannya.

Uranus, Dewa Langit yang sebelumnya, sempat memberikan kutukan kepada Kronos. Anak durhaka tersebut akan mengalami nasib yang sama, mati di tangan keturunannya.

Saat berkuasa, Kronos menikahi saudari perempuannya yaitu Rea, titan yang juga dikenal sebagai Dewi Kesuburan dan Keberlimpahan. Mereka berdua memiliki anak-anak yang nantinya akan dikenal sebagai dewa-dewi di Gunung Olympus yang legendaris.

Akan tetapi, karena takut kalau kutukan Uranus dan ramalan Gaia menjadi kenyataan, Kronos akhirnya memutuskan untuk menelan setiap anak yang dilahirkan oleh Rea. Hal tersebut tentu saja membuat Rea marah.

Hingga pada saat anak keenam mereka akan dilahirkan, Rea secara diam-diam pergi ke Pulau Crete. Rea melahirkan anak yang diberi nama Zeus di salah satu gua di pulau tersebut. Nantinya, Zeus kecil diasuh oleh hewan dan penduduk di pulau tersebut hingga dewasa.

Demi mengelabui Kronos, Rea membungkus batu dengan kain agar menyerupai bayi dan kemudian menyerahkannya ke Kronos untuk ditelan.

 Gambaran Dewa Zeus di games Dota (https://www.wallpaperflare.com/dota-2)
Gambaran Dewa Zeus di games Dota (https://www.wallpaperflare.com/dota-2)

Rupanya Zeus menyimpan dendam terhadap Kronos. Meskipun telah dewasa dan menikah dengan Metis, titan yang menjadi simbol kepandaian dan kebijaksanaan, Zeus masih tetap memikirkan bagaimana cara agar dapat membalas perbuatan Kronos.

Setelah berdiskusi dengan istrinya, Metis berniat membantu dengan membuatkan minuman yang sudah dicampur dengan ramuan buatan Gaia, Dewi Bumi yang juga memiliki dendam terhadap Kronos.

Singkat cerita, setelah dibantu oleh Rea menyamar sebagai pembawa minuman untuk Kronos, Zeus berhasil membawa minuman itu kepada Kronos yang kemudian langsung meminumnya. Seketika itu juga Kronos langsung memuntahkan kelima anaknya yang bertahun-tahun lalu telah ia telan.

Karena mereka adalah dewa, jadi meskipun telah ditelan oleh ayahnya mereka masih tetap hidup. Pada saat itu juga Zeus beserta kelima saudaranya, Hestia, Demeter, Hera, Poseidon, dan Hades menyatakan untuk berperang dengan Kronos dan para titan.

Peperangan tersebut nantinya dikenal sebagai Perang Titanomakhia yang mengakhiri era kekuasaan para titan di dunia.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
JOIN US