The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tidak Banyak yang Tahu, Inilah Penemuan Berharga dari India untuk Dunia
Penemuan dari India (Ilustrasi/Unsplash)
Fakta Dan Mitos

Tidak Banyak yang Tahu, Inilah Penemuan Berharga dari India untuk Dunia

Rabu, 01 Desember 2021 11:56 WIB 01 Desember 2021, 11:56 WIB

INDOZONE.ID - Apa yang terbayang di benakmu ketika mendengar kata "India"? Sebuah daerah kaya budaya, film-film Bollywood, hingga penyajian makanan yang kadang bikin geleng-geleng kepala.

Namun, di luar dari itu semua tahukah kamu kalau India menyumbangkan banyak penemuan berharga untuk dunia, yang sayangnya tidak banyak diapresiasi, contohnya port USB.

Dilansir Brightside, Rabu (1/12/2021), inilah 5 penemuan berharga yang diberikan India untuk dunia.

1. Shampoo

Apa jadinya mandi tanpa keramas dengan shampoo? Ternyata, shampoo pertama kali digunakan oleh leluhur India pada tahun 2750 SM - 2500 SM. Kala itu mereka menggunakan berbagai macam herbal untuk digunakan di kepala.

Penemuan ini kemudian disadari oleh kolonial Inggris saat menjajah India, dan membawanya ke Eropa. Sejak itulah, shampoo menjadi produk yang begitu terkenal di seluruh dunia.

2. Teknologi Radio nirkabel

Pria bernama Jagadish Chandra Bose inilah yang pertama kali menemukan teknologi radio, bukan Guglielmo Marconi yang berasal dari Italia.

Hanya saja, Bose enggan mematenkan penemuannya karena merasa pengetahuan harus bisa diakses oleh semua orang tanpa terkendala paten.

"Bukan sang penemu yang berarti, tapi penemuannya," kata Bose kepada keponakannya saat ditanya mengenai penemu radio.

Penemuan Bose kemudian dimanfaatkan Marconi untuk membuat radio yang lebih layak dan mematenkannya. Penemuan Bose ini akhirnya digunakan untuk pengembangan ponsel, radar, komunikasi satelit, televisi, Wi-Fi, remote control, dll.

3. Check

Bukti paling awal penggunaan check ditemukan pada Kekaisaran Maurya yang berkuasa di India pada 321 SM - 185 SM. Kala itu, check digunakan untuk instrumen komersial dan disebut "adesha".

Sampai zaman modern sekarang, inovasi tersebut tetap digunakan saat berurusan dengan bank.

4. USB Port

Di era teknologi, colokan USB menjadi hal yang tak tergantikan. Entah untuk mengisi daya gadget atau mengirimkan data. Teknologi ini ditemukan oleh arsitek komputer Amerika kelahiran India, Ajay Bhatt.

Dia membuat sebuah alat yang menjadi standar universal sederhana yang bisa terhubung dengan berbagai peralatan.

5. Peleburan seng

Meski penambangan seng (zinc) sudah dimulai sejak abad pertama, orang India mulai melebur logam seng sekitar abad ke-12 Masehi dan berhasil melakukannya.

Saat ini, zinc bisa digunakan sebagai bahan antiseptic dan antiinflamasi dalam pengobatan. Seng juga digunakan dalam industri logam dan percetakan, serta bisa menjadi suplemen makanan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US