The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta atau Mitos, Wanita Gemuk Sulit untuk Hamil?
Kehamilan. (photo/Ilustrasi/Pexels/Negative Space)
Fakta Dan Mitos

Fakta atau Mitos, Wanita Gemuk Sulit untuk Hamil?

Senin, 11 Oktober 2021 15:19 WIB 11 Oktober 2021, 15:19 WIB

INDOZONE.ID - Kehamilan merupakan salah satu hal yang paling ditunggu oleh setiap pasangan baru. Ini dikarenakan kehamilan dikatakan dapat melanjutkan keturunan dari mereka. Hanya saja, ada sebagian wanita yang mudah untuk hamil, dan juga ada yang sulit untuk hamil. 

Selain itu, terdapat sejumlah ungkapan yang beredar dan dipercayai oleh masyarakat mengenai kehamilan ini. Salah satunya adalah wanita gemuk diyakini susah untuk hamil. Lantas, apakah ungkapan tersebut benar? Kelebihan berat badan sendiri bisa membuat wanita sulit untuk hamil. Ini dikaitkan dengan sindrom ovarium polikistik atau dikenal sebagai PCOS. 

Untuk lebih jelasnya, PCOS adalah salah satu alasan paling umum mengapa wanita sulit hamil dan wanita yang mempunyai PCOS umumnya itu mengalami kelebihan berat badan dan bahkan obesitas. 

Mengutip Women's Health, wanita yang mengalami kegemukan akan membuat ovarium dan sel lemak sama-sama memproduksi hormon estrogen sehingga menumpuk di tubuh. Pada akhirnya, hal itu akan mencegah terjadinya ovulasi. 

Tidak hanya berlaku oleh wanita, ternyata kegemukan pada pria juga berpengaruh pada kesuburan pria. Mengutip situs dari Pusat Informasi Bioteknologi Perpustakaan Kedokteran Nasional di AS, peningkatan berat badan pada pria berhubungan dengan tingkat testosteron yang rendah dan membuat kualitas sperma menjadi memburuk. Selain itu, kemungkinan infertilitas pria akan meningkat sebesar 10% untuk setiap 9 kg kelebihan berat badan yang dimiliknya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US