The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peneliti Buktikan Bahwa Hiu Juga Tidur, Biasanya Terjadinya pada Siang Hari
Ilustrasi hiu (Pixabay)
Fakta Dan Mitos

Peneliti Buktikan Bahwa Hiu Juga Tidur, Biasanya Terjadinya pada Siang Hari

Sabtu, 12 Maret 2022 14:26 WIB 12 Maret 2022, 14:26 WIB

INDOZONE.ID - Hiu dianggap sebagai salah satu mamalia yang tidak tidur sama sekali. Sebab salah satu cara agar mereka tetap bisa bernapas yaitu dengan tetap terus bergerak.

Namun dalam sebuah penelitian dari University of Western Australia yang dipublikasikan belum lama ini, peneliti dapat membuktikan bahwa hiu juga tidur.

"Kami dapat memberikan bukti fisiologis pertama tentang tidur pada hiu," kata peneliti dalam laporan penelitian seperti dilansir Science Alert.

Dalam laporan penelitian itu disebutkan bahwa ada dua fase tidur yang memainkan peran penting pada burung dan mamalia. Hanya saja tidak diketahui fase mana yang terjadi pada hewan bertulang belakang berdarah dingin seperti hiu.

Untuk membuktikan apakah hiu tidur atau tidak, tim peneliti yang dipimpin oleh ahli ekofisiologi Michael Kelly itu melakukan pemantauan terhadap hiu selama 24 jam.

Selama dalam pemantauan itu, peneliti melihat bahwa kadar oksigen pada hiu mengalami penurunan selama periode istirahat. Hal itu dapat membuktikan bahwa hiu memang benar tidur.

"Hiu yang tidur tidak hanya mengurangi respons terhadap rangsangan. Mereka juga memiliki metabolisme yang lebih rendah," jelas Kelly.

Peneliti berpendapat bahwa hiu lebih sering tidur pada siang hari dengan cara menutup mata. Namun perilaku menutup mata mungkin lebih berkaitan dengan faktor eksternal seperti keberadaan cahaya.

Selain itu, peneliti menemukan pada hiu draughtsboard membentuk tubuhnya tetap datar, yang berarti bahwa hiu tersebut tertidur.

Spesies hiu tersebut bisa tak bergerak untuk waktu yang cukup lama karena memiliki otot wajah yang dapat menjaga air beroksigen mengalir di insang saat berdiam diri.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Nanda
M Fadli

M Fadli

Editor
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US