The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Seperti Manusia, Hewan Juga Ingin Ikut Tertawa, Tapi Bagaimana Caranya?
Ilustrasi hewan tertawa. (Freepik)
Fakta Dan Mitos

Seperti Manusia, Hewan Juga Ingin Ikut Tertawa, Tapi Bagaimana Caranya?

Jumat, 21 Januari 2022 15:29 WIB 21 Januari 2022, 15:29 WIB

INDOZONE.ID - Manusia biasanya akan tertawa jika melihat hal-hal yang dirasa menggelikan dan juga lucu. Dengan tertawa, tubuh akan terasa lebih tenang karena mengalirkan emosi positif ke lingkungan sekitar.

Tak hanya manusia, rupanya tertawa juga dilakukan oleh hewan. Hewan juga akan merasakan hal yang lucu dan mereka seketika akan tertawa sesuai adaptasi mereka masing-masing.

Berbeda dengan manusia yang tertawa mampu lepas, hewan dapat dipantau tertawa dengan beberapa hal berikut.

Baca Juga: Fakta-fakta Menarik dari Tertawa, Salah Satunya Bakar Kalori

Cara hewan tertawa

Dikutip nationalgeographic, para ilmuwan melakukan penelitian terhadap hewan ketika mereka bermain dengan manusia. Bermain akan menunjukkan interaksi sosial yang menyenangkan dan pada saat itulah mereka mengeluarkan suara tertawa.

Penelitian mengenai cara tertawa hewan ini dilakukan terhadap 65 spesies, yang sebagian besar merupakan hewan mamalia serta burung. Sedangkan pada primata, ekspresi ketika bermain terlihat lebih mudah dikenali, bahkan beberapa di antaranya juga bersuara.

Contoh hewan yang telah diteliti dan terdengar bersuara ketika bermain adalah monyet vervet, kicauan lumba-lumba, hingga gorila.

Berbeda dengan manusia

Tertawa hewan dengan manusia memang tampak signifikan berbeda. Perbedaan itu dihasilkan dari volume suaranya. Manusia bisa mendadak tertawa terbahak dengan keras. Namun, hewan hanya mampu tertawa dengan suara yang pelan saja.

Dilansir dari Science Alert, saat kita melihat atau mendengar sesuatu yang lucu, lobus frontal pada otak merespons hal tersebut dengan tertawa. Uniknya, rata-rata manusia dapat tertawa 17 kali dalam sehari.

Dengan adanya penemuan ini, para peneliti akan berusaha lagi menemukan fakta-fakta menarik seputar suara dan respons hewan terhadap sesuatu.

TAG
Fahrizal Daulay
Abdul Fattah
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US