The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peristiwa 30 Juni:  Operasi Malam Pisau Panjang Saat Hitler Membantai Musuh Politiknya
Adolf Hitler dan para pengikutnya. (Wikipedia).
Fakta Dan Mitos

Peristiwa 30 Juni: Operasi Malam Pisau Panjang Saat Hitler Membantai Musuh Politiknya

Dan beberapa peristiwa lainnya.

Rabu, 30 Juni 2021 09:00 WIB 30 Juni 2021, 09:00 WIB

INDOZONE.ID - Berbagai peristiwa penting pernah terjadi di tanggal 30 Juni yang jatuh hari ini. Kali ini Indozone mencoba mengumpulkan tiga contoh peristiwa sejarah yang kebetulan pernah terjadi pada tanggal tersebut.

Salah satu contohnya adalah peristiwa ledakan misterius di Tunguska dan operasi Malam Pisau Panjang saat Hitler membantai musuh politiknya  Berikut beberapa peristiwa bersejarah yang dilansir dari Wikipedia, Rabu (30/6/2021).

1905 - Albert Einstein menerbitkan jurnal berjudul 'On the Electrodynamics of Moving Bodies' dan memperkenalkan teori relativitas khusus

Albert Einstein teori relativitas khusus.
Albert Einstein teori relativitas khusus. (Wikipedia).

Jurnal berjudul 'On the Electrodynamics of Moving Bodies' diterbitkan oleh Albert Einstein pada 30 Juni 1905. Jurnal ini menjelaskan tentang teori relativitas khusus, yaitu teori fisika mengenai hubungan antara ruang dan waktu. Einstein memberikan dua postulat.

  1. Hukum-hukum fisika berlaku invarian (bentuk yang sama) dalam semua kerangka acuan inersia (kerangka acuan yang tidak mengalami percepatan).
  2. Laju cahaya dalam vakum bernilai sama untuk semua pengamat, tanpa perlu memerhatikan gerakan cahaya maupun pengamat.

Selanjutnya, relativitas khusus diperkenalkan Einstein pada 26 September 1905 dalam makalah "Mengenai Elektrodinamika Benda Bergerak". Teori ini menggantikan pendapat Newton tentang ruang dan waktu dan memasukan elektromagnetisme sebagaimana tertulis oleh persamaan Maxwell. Teori ini disebut "khusus" karena dia berlaku terhadap prinsip relativitas pada kasus "tertentu" atau "khusus" dari rangka referensi inertial dalam ruang waktu datar, di mana efek gravitasi dapat diabaikan. 

Baca Juga: Viral Aksi Bocah Jualan Nanas Sambil Gombali Pembeli, Bikin Netizen Gemas

1908 - Peristiwa Tunguska 

Peristiwa Tunguska. (Wikipedia).
Peristiwa Tunguska. (Wikipedia).

Peristiwa Tunguska atau ledakan Tunguska adalah ledakan besar yang terjadi di Krai Krasnoyarsk, Rusia, sekitar pukul 7:14 a.m. pada tanggal 30 Juni 1908.

Meskipun penyebab peristiwa ini masih diperdebatkan, tetapi ledakan ini diduga diakibatkan oleh ledakan udara meteoroid atau komet besar pada ketinggian 5 hingga 10 kilometer di atas permukaan bumi.

1934 - Malam Pisau Panjang, pembantaian yang dilakukan Hitler terhadap rival-rival politiknya

Adolf Hitler dan para pengikutnya.
Adolf Hitler dan para pengikutnya. (Wikipedia).

Malam Pisau Panjang atau "Operasi Kolibri" adalah pembersihan besar-besaran yang terjadi di Jerman Nazi antara tanggal 30 Juni sampai 2 Juli 1934, ketika rezim NSDAP menghukum mati sekitar 90 orang untuk alasan politik. Kebanyakan yang dibunuh adalah anggota "Pasukan Badai" (SA).

Adolf Hitler bermusuhan terhadap SA dan pimpinannya Ernst Julius Rohm, karena Hitler melihat kebebasan SA dan kesukaan anggotanya akan kekerasan jalanan merupakan ancaman langsung bagi kekuasaannya.

Hitler juga menginginkan pencegahan gerakan apapun oleh para petinggi Reichswehr, militer Jerman, yang takut dan benci akan SA, membatasi kekuasaannya, khususnya sejak Ernst Rohm menunjukkan gelagat ambisinya untuk menggabungkan Reichswehr ke dalam SA dengan dirinya sebagai kepala. 

Akhirnya, Hitler menggunakan pembersihan itu untuk melawan kritik konservatif dalam rezimnya, khususnya yang setia pada Wakil Kanselir Franz von Papen, dan membereskan urusan dengan musuh-musuh lama.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
M Fadli

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US